Hujan Es Disertai Angin Kencang Landa Madiun

Arif Wahyu Efendi ยท Jumat, 13 Desember 2019 - 20:22 WIB
Hujan Es Disertai Angin Kencang Landa Madiun
Warga menunjukkan hujan es yang melanda Madiu pada Jumat (13/12/2019). (Foto: iNews/Arif Wahyu Efendi)

MADIUN, iNews.id – Cuaca buruk menerpa sejumlah lokasi di Madiun, Jawa Timur, Jumat (13/12/2019). Hujan es disertai angin kencang diketahui menerjang sekitar pukul 16.45 WIB.

Dua wilayah di Madiun yang cukup parah dilanda hujan es adalah Rumah Sakit Sudono dan sekitar PT INKA di Kecamatan Manguharjo. Melalui rekaman video amatir hujan es cukup deras diketahui mengguyur kawasan-kawasan itu. Setelah diteliti hujan es yang turun berukuran kelereng.

“Deras sekali hujan esnya, sampai menimbulkan bunyi gemuruh yang kencang,” ujar seorang warga.

Selain itu angin kencang juga menumbangkan pohon serta merusak sejumlah gedung di Madiun. Atap parkir motor di Stadion Madiun dilaporkan roboh.

Beruntung robohan atap menyamping sehingga tak menimpa motor di bawahnya. Kejadian itu membuat masyarakat panik dan berteriak.

Tak hanya itu, angin kencang dan hujan deras juga merusak plafon di sebuah masjid di Madiun. Termasuk membuat plafon Rumah Sakit Sudono jebol.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat terjadi 12 kasus pohon tumbang akibat hujan es disertai angin kencang tadi sore. Dua di antaranya menimpa rumah warga yaitu di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Jenggolo.

Hingga kini pihak berwenang di Madiun masih melakukan pembersihan sekaligus mendata kerusakan akibat kejadian tadi sore. Sampai malam hari ini kejadian tersebut dilaporkan tak menimbulkan korban jiwa.


Editor : Rizal Bomantama