Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak, 2 Roboh

Dedi Mahdi ยท Senin, 25 November 2019 - 21:32 WIB
Hujan Es dan Angin Kencang Terjang Bojonegoro, Puluhan Rumah Rusak, 2 Roboh
Hujan es sebesar kelereng disertai angin kencang kembali melanda Bojonegoro, Jatim, Senin (25/11/2019). (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.idHujan es disertai angin kencang menerjang 10 desa yang tersebar di sembilan kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (25/11/2019).  

Bencana yang disertai hujan es itu mengakibatkan puluhan rumah rusak dan dua lainnya roboh. Selain itu, satu warga luka-luka akibat tertimpa pohon tumbang.

Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, 10 desa yang dilanda puting beliung yakni, Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander, Mojosari Kecamatan Kalitidu, Padangan, Kenep, Tanjungharjo, Kumpulrejo, Balongcabe, Banjarejo, Ngantru, dan Pacing.

Dari 10 desa tersebut, kerusakan terparah melanda Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander. Kencangnya embusan angin disertai hujan es sebesar kelereng membuat warga panik.

“Ada sekitar 15 menit kejadiannya. Tadi, butiran esnya besar-besar terus mulai mengecil,” kata Arika, warga Desa Ngumpakdalem.

Dia mengaku kaget dengan kejadian itu karena suara butiran es batu yang jatuh terdengar keras di atas atap rumah. “Suaranya keras sekali,” ucapnya.

Hingga kini, petugas BPBD masih mendata kerusakan rumah warga akibat bencana itu. Petugas bersama relawan juga sudah turun ke lokasi membantu memperbaiki rumah warga.

Bencana tersebut merupakan kedua kalinya melanda Bojonegoro. Sebelumnya, hujan deras disertai angin puting beliung menerjang daerah itu, Minggu (24/11/2019).

Sedikitnya empat rumah yang tersebar di empat desa ambruk sedangkan puluhan lainnya rusak. Namun, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.Video amatir warga merekam detik-detik saat hujan deras disertai angin kencang berputar itu menerjang Desa Setren, Kecamatan Ngasem.


Editor : Kastolani Marzuki