Hujan Deras, Jalan Nasional di Ponorogo Amblas Sepanjang 100 Meter

Ahmad Subekhi ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 11:29 WIB
Hujan Deras, Jalan Nasional di Ponorogo Amblas Sepanjang 100 Meter
Jalan nasional di Ponorogo, Jatim amblas sepanjang 100 meter. (Foto: iNews/Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id - Jalan nasional di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) amblas setengah meter akibat hujan deras yang turun selama tiga hari terakhir. Jalan yang amblas mencapai panjang 100 meter dan luasnya mencapai separuh jalan badan jalan.

Jalur penghubung Jawa Tengah (Jateng) dan Jatim ini tepatnya terketak di Desa Wates, Kecamatan Slahung, Ponorogo. Jalan ini menjadi penghubung Ponorogo - Pacitan - Solo Jateng dan sebaliknya.

Akibatnya, pengguna jalan hanya dapat menggunakan sebagian badan jalan yang lain secara bergantian untuk menghindari kemacetan. Amblasnya jalan ini terjadi sejak dua hari lalu yang dimulai dengan retakan yang terus melebar.

Menurut salah satu warga, Sugeng Bimohari, retakan yang sudah ada sebelumnya diperparah dengan hujan deras yang terus terjadi di Ponorogo beberapa hari terakhir. “Awalya retak sedikit, tapi malamnya hujan deras lebih dari lima jam, jadinya seperti ini,” katanya, Rabu (25/3/2020).

Untuk menghindari amblas terus bertambah, polisi menerapkan sistem buka tutup bergantian. Sedangkan kendaraan berat seperti tronton tidak diijinkan melintas. Untuk sementara jalur ke Pacitan dialihkan melalui Ponorogo - Wonogiri - Pacitan dan sebaliknya.

Kapolsek Slahung, AKP Paidi mengatakan kendaraan muatan berat terpakasa dilarang lewat karena dikhaawatirkan dapat memutus jalur. “Kalau sudah putus, malah tidak bisa dipakai lagi,” katanya.

Polisi dan warga masih terus bersiaga di lokasi untuk mengatur lalu lintas dan memantau pergerakan tanah. Garis polisi juga dipasang di area amblas untuk menandai lokasi. Diperkirakan, amblas akan terus bertambah karena hujan deras yang terus turun.


Editor : Umaya Khusniah