Hujan Deras di Bojonegoro, 15 Desa di 7 Kecamatan Dilanda Banjir Bandang

Dedi Mahdi ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 14:07 WIB
Hujan Deras di Bojonegoro, 15 Desa di 7 Kecamatan Dilanda Banjir Bandang
Banjir bandang yang melanda Bojonegoro, Jatim diakibatkan hujan deras di area hutan. (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.id - Sebanyak 15 desa di tujuh kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) diterjang banjir bandang Senin (3/2/2020) malam. Banjir bandang ini diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah hutan dan perbukitan lebih dari dua jam, Senin sore.

Air keruh bercampur lumpur datang dari luapan Kali Pacal di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Air mengalir deras ke permukiman warga.

Tidak hanya di Kecamatan Temayang, data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro mencatat sedikitnya terdapat 15 desa di tujuh kecamatan yang dilanda banjir bandang.

Desa-desa tersebut di antaranya Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang; Desa Sumberbendo, Desa Cancung, Desa Ngorogunung di Kecamatan Bubulan; Desa Miyono, Kecamatan Sekar, Desa Pajeng, Desa Jari, Desa Gondang di Kecamatan Gondang.

Selain itu juga Desa Sumberarum, Desa Kunci, dan Desa Dander, Kecamatan Dander; Desa Butoh, Desa Kolong, dan Desa Trenggulunan, Kecamatan Ngasem; dan Desa Ngambon, Kecamatan Ngambon.

Ratusan rumah warga dilaporkan terendam banjir hingga setinggi satu meter. Meski air mulai surut, namun hingga Senin malam, banjir masih menggenangi puluhan rumah dan ruas Jalan Poros antarkecamatan di daerah tersebut.

Menurut salah satu warga, Ahmad, dirinya sudah menduga akan terjadi banjir. Barang dagangan berupa buah-buahan sudah diamankan di atas rak yang tinggi.

“Sudah diamankan barang-barangnya,” katanya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hingga saat ini BPBD Bojonegoro masih mendata terkait dampak kerusakan termasuk menghitung jumlah kerugian yang ditimbulkan.


Editor : Umaya Khusniah