Harga Kebutuhan Pokok di Tuban Terus Naik Pascatahun Baru

Pipiet Wibawanto ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 10:42 WIB
Harga Kebutuhan Pokok di Tuban Terus Naik Pascatahun Baru
Pedagang kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Sokosari, Tuban, Jatim. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id - Pascatahun baru, harga sejumlah kebutuhan pokok seperti bawang, cabai, beras dan telur di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim) terus melambung. Kenaikan harga tertinggi terjadi pada komoditas bawang putih serta cabe rawit merah.

Seperti terpantau di Pasar Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, harga bawang merah menembus Rp30.000 dari yang sebelumnya berkisar Rp20.000 per kilogram. Sementara harga bawang putih mencapai Rp40.000 dari yang sebelumnya Rp30.000 per kilogram.

Untuk cabai hijau dan cabe lompong berada di harga Rp30.000 per kilogram. Sementara harga cabai rawit merah berada di kisaran Rp70.000 per kilogram dari sebelumnya Rp45.000.

Harga beras kualitas medium kini berada di kisaran Rp8.000 per kilogram atau naik sebesar Rp500. Untuk telur ayam, kini mencapai Rp20.000 per kilogram atau naik Rp2.000 dari harga sebelumnya.

BACA JUGA: Tekan Harga Kebutuhan Pokok di Kepulauan Seribu, Anies Resmikan JakGrosir

Salah satu pedagang, Maslikah mengatakan kenaikan harga sejumlah bahan pokok ini terjadi sejak dua pekan lalu. Selain tingginya permintaan warga pascatahun baru, naiknya harga berbagai komoditas tersebut diduga akibat minimnya pasokan barang dari petani.

“Semua harganya naik,” katanya, Senin (20/1/2020).

Diperkirakan, kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok ini masih akan berlangsung dalam beberapa pekan ke depan, setidaknya hingga bulan depan.


Editor : Umaya Khusniah