Gus Ipul Tak Dampingi Soekarwo di Acara Sertijab Gubernur Baru Jatim

Ihya Ulumuddin ยท Senin, 18 Februari 2019 - 15:20 WIB
Gus Ipul Tak Dampingi Soekarwo di Acara Sertijab Gubernur Baru Jatim
Suasana Sidang Paripurna DPRD Jatim dengan agenda Sertijab dari mantan gubernur Jatim kepada Gubernur-Wagub Jatim baru, Khofifah-Emil Dardak, Senin (18/2/2019). (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Mantan wakil gubernur (wagub) Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) absen di acara serah terima jabatan (sertijab) di DPRD Jatim, Senin (18/2/2019). Sertijab dengan Gubernur dan Wagub Jatim baru Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak hanya dihadiri mantan gubernur, Soekarwo.

Ini kali kesekian Gus Ipul tidak terlihat bersama-sama dengan Soekarwo. Bahkan, saat acara pamit gubernur dan wakil gubernur lama di Gedung Negara Grahadi, 12 Gebruari lalu, Gus Ipul juga absen. Begitu pula ketika pelantikan Khofifah-Emil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka pada 13 Februari lalu.

Absennya Gus Ipul ini sempat jadi guyonan pada sidang paripurna DPRD Jatim dengan agenda sertijab dan penyampaian visi misi di DPRD Jatim siang tadi. Pada pembukaan sidang misalnya, Ketua DPRD Jatim Halim Iskandar menyebut nama Gus Ipul kendati tahu mantan ketua GP Ansor ini tidak hadir.

“Yang saya hormati Gus Ipul. Lho nggak ada ya. Tadi saya lihat ada,” kata Halim disambut tawa ratusan peserta sidang.

“Tapi tidak apa-apa. Sebab, kemarin Gus Ipul sudah menyanyikan lagu Wes Wayahe (jingle kampanye Khofifah). Bu Khofifah juga sudah membalas dengan “Kabeh Sedurul Kabeh makmur” (jingle kampanye Khofifah),” katanya.

Seusai sidang, Halim Iskandar mengaku tidak mempersoalkan absennya Gus Ipul tersebut. Terpenting semua pihak saling menyatu membangun Jatim. “Mungkin hanya masalah waktu saja yang kemudian Gus Ipul tidak hadir,” kata Ketua DPW PKB Jatim ini.

Sementara dalam sambutannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meyakini meski tidak hadir, hati Gus Ipul ada di acara sertijab ini. “Sesungguhnya Pakde (Soekarwo), meski Gus Ipul tidak hadir. Insyallah hatinya Gus Ipul ada di sini,” katanya disambut tepuk tangan hadirin.

Pernyataan Khofifah ini bukan tanpa alasan. Sebab, beberapa bulan terakhir ini hubungan Gus Ipul dengan Soekarwo terlihat renggang. Bahkan, beberapa kali, Gus Ipul juga rajin mengritik pendampingnya itu.

Hubungan Gus Ipul dengan Soekarwo terlihat renggang saat Soekarwo tidak mendukungnya di Pilgub Jatim 2018 lalu. Sebaliknya, Soekarwo malah mendukung Khofifah yang menjadi rivalnya.


Editor : Maria Christina