Guru Mengaji di Bondowoso Ditetapkan Jadi Tersangka karena Mencabuli 3 Santriwati

Riski Amirul Ahmad ยท Selasa, 21 Januari 2020 - 11:08 WIB
Guru Mengaji di Bondowoso Ditetapkan Jadi Tersangka karena Mencabuli 3 Santriwati
Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Jamal saat memberika keterangan terkait penetapan tersangka kepada seorang ustaz atas kasus pencabulan. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

BONDOWOSO, iNews.id - Seorang ustaz atau guru mengaji di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Jatim), ditetapkan sebagai tersangka setelah terbukti mencabuli tiga santriwati. Polisi masih mendalami kasus ini karena diduga masih ada korban lain.

Abdul Qodir, warga Desa Lombok Wetan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, ditangkap petugas dari Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Bondowoso.

Pengungkapan ini berawal dari laporan wali santri jika anaknya telah dicabuli oleh ustaz yang dilakukan saat proses mengajar di Taman Pendidikan Alquran (TPA). Berbekal laporan tersebut, polisi melakukan penyelidikan dan visum kepada para korban pencabulan.

BACA JUGA: Dituding Miliki Ilmu Pelet, Ustaz di Lampung Dipersekusi

Kasat Reskrim Polres Bondowoso, AKP Jamal mengatakan, dari hasil penyidikan dan keterangan para saksi, polisi akhirnya menetapkan ustaz cabul tersebut sebagai tersangka pencabulan anak di bawah umur. “Polisi masih melakukan pendalaman kasus ini karena diduga masih ada korban lain,” katanya, Senin (21/1/2020).

Atas perbuatannya, pelaku terancam pasal 82 ayat 1 junto 76 UU no 17 tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah