Gereja Belum Berizin di Bondowoso Dijaga Ketat Aparat di Hari Natal

Riski Amirul Ahmad ยท Rabu, 25 Desember 2019 - 10:54 WIB
Gereja Belum Berizin di Bondowoso Dijaga Ketat Aparat di Hari Natal
Gereja Pantekosta Berea Pujer di Bondowoso dijaga polisi. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

BONDOWOSO, iNews.id – Sebuah gereja di Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) yang diprotes masyarakat sekitar karena perizinan, dijaga ketat aparat. Hal ini dilakukan untuk keamanan dan kondusivitas khususnya warga nasrani yang merayakan Natal.

Gereja Berea di Desa Maskuning Kulon, Kecamatan Pujer, Kabupaten Bondowoso dijaga petugas dari Polsek Pujer. Meski tidak ada aktivitas di dalamnya, polisi terus bersiaga di depan pintu gereja yang tertutup rapat.

Sementara terkait perizinan pendirian tempat ibadah ini, Pemerintah Kabupaten Bondowoso berjanji akan mengeluarkan izin gereja jika memenuhi persyaratan. Kini pemkab masih terus mengkaji dan mempelajari perizinan pendirian bangunan gereja pantekosta tersebut.

Hasil dari kajian awal Pemkab Bondowoso, perizinan bangunan gereja tersebut masih ada kekurangan di persyaratan.

Sekretaris Daerah Bondowoso, Syaifullah mengatakan pemkab telah memanggil beberapa pihak untuk memusyawarahkan masalah ini. Nanti akan dicarikan solusi terbaik bagi masyarakat sekitar gereja dan juga pendeta.

“Pak Pendeta mengakui dalam perizinan memang ada kesalahan, sehingga Pak Pendeta akan mengajukan izin,” katanya, Senin (23/12/2019).

Syaifullah juga meminta pihak gereja untuk bisa melengkapi persyaratan pendirian tempat peribadatan sesuai dengan peraturan dan perundang–undangan. Jika persyaratan tersebut terpenuhi, pemerintah memastikan akan mengeluarkan izin.

“Ini bukan masalah agama, mayoritas atau minoritas tapi perizinan mendirikan bangunan. Jika memenuhi persayaratan sesuai hukum yang berlaku, saya pastikan akan keluarkan izin,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah