Gempa Vulkanis Terjadi Terus Menerus di Gunung Raung setelah Level II Waspada

Avirista Midaada · Senin, 01 Agustus 2022 - 13:47:00 WIB
Gempa Vulkanis Terjadi Terus Menerus di Gunung Raung setelah Level II Waspada
Penampakan Gunung Raung saat meluncurkan abu vulkanis (Pos PGA Gunung Raung / istimewa)

BANYUWANGI, iNews.id - Gempa vulkanis Gunung Raung terjadi setelah kenaikan status ke level II atau waspada. Berdasarkan laporan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Raung sejak Minggu malam kemarin hingga Senin pagi ini (1/8/2022), terjadi sejumlah kegempaan tremor secara terus menerus. 

Kepala Pos PGA Raung Mukijo menjelaskan, gempa tremor menerus ini muncul dan terekam peralatan di Pos PGA dengan dengan amplitudo 0.5-5 mm, dominan 1 mm. 

"Untuk visual gunung jelas hingga kabut 0-III, asap kawah tidak teramati. Untuk kondisi cuaca cerah, berawan, dan mendung, angin bertiup lemah ke arah utara dan selatan. Suhu udara 16-32 derajat celcius," ucap Mukijo, Senin (1/8/2022). 

Mukijo menambahkan, intensitas kegempaan ini mengalami peningkatan dibandingkan beberapa hari lalu saat statusnya ditingkatkan ke waspada. "Gempa tremor menerus (Microtremor) terjadi," ujarnya. 

Di sisi lain Koordinator Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Oktory Prambada menjelaskan, Gunung Raung saat ini diakui dalam status yang tak normal. Hal ini ditunjukkan dengan adanya aktivitas krisis kegempaan tremor yang terus menerus terjadi. 

"Saat ini masih dalam krisis kegempaannya tremor menerus yang relatif tinggi. Dipengaruhi pergerakan pusat tekanan yang relatif terhambat, sehingga menimbulkan tremor dan juga menimbulkan inflasi atau pengembangan di bagian kawah Gunung Raung," katanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: