Gempa Pacitan Terasa Sampai Blitar dan Tulungagung, Warga Sempat Panik

Solichan Arif ยท Rabu, 28 Juli 2021 - 01:00:00 WIB
Gempa Pacitan Terasa Sampai Blitar dan Tulungagung, Warga Sempat Panik
Warga keluar rumah karena merasakan guncangan gempa. (Foto: Dok iNews.id).

BLITAR, iNews.id - Gempa dengan magnitudo 5,2 yang mengguncang Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Jatim), Selasa malam (27/7/2021) terasa hingga sebagian daerah tetangganya. Getaran dirasakan cukup kuat hingga Kabupaten Blitar dan Tulungagung.

Gempa dirasakan sekitar pukul 23.21 WIB. Sejumlah warga di wilayah Wondadi sampai keluar rumah karena merasakan guncangan tersebut. Kepanikan sempat terjadi beberapa saat akibat gempa.

"Lindu. Lindu (Gempa)," teriak seorang warga, Niko, berlari ke luar rumah, Selasa malam.

Beberapa warga lain yang belum tidur juga ikut keluar rumah. Meski sudah tidak lagi guncangan, warga tidak segera masuk ke dalam rumah, menunggu situasi aman sesaat. Sebagian warga mengaku khawatir terulang lagi gempa seperti bulan lalu.

Guncangan gempa juga dirasakan sebagian warga di Kabupaten Tulungagung. Di grup Whatsapp, seorang warga Bagus mengaku merasakan gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Pacitan.

"Terasa, tapi tidak kencang," katanya.

Sebelumnya BMKG mencatat gempa magnitudo 5,2 berpusat di 95 kilometer Tenggara Kabupaten Pacitan. Lokasi gempa berada pada koordinat 8,99 lintang selatan - 111,40 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa disebut tidak berpotensi tsunami. 

Editor : Andi Mohammad Ikhbal