Gempa Bumi Guncang Blitar, Ini Penjelasan BMKG

Umaya Khusniah ยท Minggu, 05 Juli 2020 - 10:32 WIB
Gempa Bumi Guncang Blitar, Ini Penjelasan BMKG
Ilustrasi. (Foto Ist).

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi magnitudo 5,3 guncang wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada Minggu (5/6/2020) dini hari. Getaran gempa terasa di wilayah Pacitan hingga Cilacap.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Blitar, Karangkates, Trenggalek, Nganjuk, Pacitan, Jember skala III MMI. Kemudian di Kulonprogo, Bantul, Cilacap, Wonogiri skala II MMI," ucap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono, Minggu (5/7/2020).

Rahmat mengatakan jenis gempa tersebut menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Autralia. Hasil analisis mekanisme memiliki pergerakan menurun (normal fault).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ucap dia.

Atas gempa tersebut, Rahmat meminta masyarakat tidak terpengaruh isu yang tak dapat dipertanggung jawabkan. Masyarakat juga menghindari dari bangunan yang retak akibat gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," ucap dia.


Editor : Faieq Hidayat