Fitnah Pemerintah Akan Legalkan UU Zina, Ustaz di Banyuwangi Ditangkap

Rahmat Ilyasan · Selasa, 12 Maret 2019 - 17:11:00 WIB
Fitnah Pemerintah Akan Legalkan UU Zina, Ustaz di Banyuwangi Ditangkap
Direskrimsus Polda Jatim, Kombespol Akhmad Yusep Gunawan, Selasa (12/3/2019). (Foto: iNews.id/Rahmat Ilyasan)

SURABAYA, iNews.id - Tim gabungan Polres Banyuwangi dan Polda Jawa Timur menangkap Ustaz Supriyanto yang diduga telah menyebarkan berita bohong alias hoaks tentang pelegalan perzinaan oleh pemerintah.

Ironisnya, semburan hoaks yang dilancarkan Supriyanto dilakukan dalam pengajian ibu-ibu di sebuah masjid di Kecamatan Kalibari, Banyuwangi pada Sabtu (9/3/2019) lalu.

Ceramah Supriyanto kemudian viral di media sosial. Selain menuding pemerintah sedang menggodok UU Perzinaan, Supriyanto juga mengampanyekan salah satu pasangan calon presiden tertentu ke jamaahnya yang mayoritas ibu-ibu.

“Benar, kami telah menangkap pelaku dugaan melakukan penyebaran berita bohong terkait adanya pelegalan Undang-Undang Perzinaan yang akan dibuat oleh salah satu capres tertentu jika menang di pilpres mendatang,” kata Direskrimsus Polda Jatim, Kombespol Akhmad Yusep Gunawan, Selasa (12/3/2019).

Menurut Yusep, Ustaz Supriyanto diduga melakukan kampanye hitam kepada pasangan capres tertentu yang berisi konten berita bohong atau hoaks. “Akibat ceramah tersebut viral di media sosial sehingga meresahkan masyarakat. Sehingga pihak kepolisian bergerak cepat dan menangkap tersangka,” katanya.

Akibat perbuatannya, kata dia, pelaku dijerat Pasal 14 dan 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang memberikan kabar bohong dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.


Dalam video yang viral di media sosial, Ustaz Supriyanto yang memakai jubbah dan peci putih berceramah di depan ibu-ibu dan anak-anak. Berikut kutipan ceramahnya:

UU Pelegalan perzinahan. Kalau ini sampai lolos hancur bangsa kita. Ini sudah digodok. Kalau pemerintah mengesahkan UU perzinahan maka hancur Indonesia yang berdasarkan Pancasila, sila ketuhanan yang maha esa. Maka itu, mari kita berjuang dan berdoa kepada Allah, mudah-mudahan paslon 2 dapat ridho ari Allah. Demikian mari kita sama-sama berdoa, kita ajak saudara-saudara kita”.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: