Fenomena Air Keluarkan Gas dari Dalam Bumi seperti Mendidih, Warga Sumenep Waswas

Abdul Rahem ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 23:55:00 WIB
Fenomena Air Keluarkan Gas dari Dalam Bumi seperti Mendidih, Warga Sumenep Waswas
Salah satu sumber air di Sumenep, Jatim yang keluarkan gas. (Foto: iNews/Abdul Rahem).

SUMENEP, iNews.idAir di persawahan, kubangan dan sumur warga di Sumenep, Jawa Timur (Jatim) mengeluarkan layaknya air mendidih. Meski demikian, debit air tidak bertambah maupun berkurang.

Fenomena alam yang menggegerkan warga Desa Batuputih Kenek, Kecamatan Batuputih, Sumenep sudah terjadi beberapa hari terakhir.

Salah seorang warga, Musahwi mengaku kaget saat mengetahui kejadian ini beberapa hari terakhir. Namun menurutnya, air yang terlihat mendidih tersebut tidak berubah rasa atau warna.

“Awalnya air mengeluarkan bunyi dari dalam sumur. Anak menantu lalu memberi tahu saya. Waktu saya lihat, air dalam sumur seperti mendidih,” katanya, Selasa (25/2/2020).

Dia mengaku, sumurnya sudah berusia 35 tahun. Airnya dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Mengetahui fenomena ini, sejumlah petugas dari Kecamatan Batuputih langsung melihat ke lokasi. Camat Batuputih, Arsudi mengatakan, air mendidih ini merupakan kejadian langka dan dikhawatirkan membahayakan warga.

“Ini merupakan kejadian langka dan baru kali ini terjadi. Saat saya cek, yang keluar ini bukan air melainkan gas, tapi tidak bau. Air juga tidak bau. Saya cek dengan api, juga tidak menyala,“ katanya.

Arsudi menyimpulkan, gas ini tidak berbahaya. Namun karena warga masih awam, mereka menjadi takut. Warga berharap ada upaya dari pemerintah untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.


Editor : Umaya Khusniah