Ditinggal Berkurban, 2 Kandang Ayam dan Kebun Tebu 2 Ha Ludes Terbakar

Mukhtar Bagus ยท Rabu, 22 Agustus 2018 - 16:12 WIB
Ditinggal Berkurban, 2 Kandang Ayam dan Kebun Tebu 2 Ha Ludes Terbakar
Kebakaran menghanguskan dua kandang ayam berisi 5.000 ekor dan kebun tebu seluas dua hektare di Desa Sebani, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Rabu (22/8/2018). (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id - Ditinggal pemiliknya menyembelih hewan kurban, dua kandang ayam dan perkebunan tebu di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, ludes terbakar, Rabu (22/8/2018) siang. Walhasil, lebih dari 5.000 ekor ayam mati dan tanaman tebu seluas dua hektar hangus. Akibat peristiwa tersebut, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Tanpa diketahui penyebab pastinya, dua kandang yang masing-masing seluas 100 kali 30 meter di Desa Sebani, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, itu mendadak terbakar. Kencangnya embusan angin membuat api cepat berkobar dan melalap habis seluruh bagian kandang.

Bahkan, kobaran api juga merembet dan membakar lebih dari dua hektar tanaman tebu milik warga. Kobaran api baru bisa dijinakkan oleh petugas pemadam kebakaran (PMK) setelah seluruh bagian kandang dan perkebunan tebu luluh lantak.

Pemilik peternakan, Resi (25) menduga, kebakaran ini terjadi akibat adanya korsleting arus listrik yang ada di kandang. Menurutnya, saat itu dirinya dan seluruh karyawan sedang libur untuk menyembelih hewan kurban di rumah masing-masing.

“Tadi tiba-tiba warga ngasih tau saya pas api sudah berkobar. Tahu-tahu sudah tinggi dan menyebar apinya. Ada dua kandang yang terbakar. Isinya masing-masing 2.500 ekor. Jadi totalnya 5.000 ekor. Lahan tebu juga ludes. Tapi luasnya saya kurang tahu,” ucap Resi, Rabu (22/8/2018).

Tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat kejadian ini. Pasalnya saat kebakaran terjadi, tidak ada satu pun orang di lokasi. Namun, akibat kebakaran tersebut, pemilik peternakan ditaksir merugi hingga lebih dari Rp250 juta.


Editor : Himas Puspito Putra