Diterjang Rumpun Bambu yang Hanyut saat Banjir, Jembatan di Ponorogo Terputus

Ahmad Subekhi ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 15:01 WIB
Diterjang Rumpun Bambu yang Hanyut saat Banjir, Jembatan di Ponorogo Terputus
Jembatan penghubung dua desa di Ponorogo, Jatim ini hanyut diterjang banjir. (Foto: iNews. Ahmad Subekhi)

PONOROGO, iNews.id – Sebuah jembatan di Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) putus diterjang banjir, Rabu (25/3/2020) sore. Akibatnya, jalur transportasi terputus total dan menyulitkan masyarakat beraktifitas.

Jembatan ini terletak di Desa Dadapan, Kecamatan Balong, Ponorogo. Hujan deras menyebabkan debit sungai meningkat dan mengakibatkan banjir.

Rumpun bambu yang menyumbat akhirnya membuat jembatan putus. Bahkan puing jembatan sampai terseret sejauh satu kilometer dari lokasi.

Jembatan ini merupakan penghubung Desa Dadapan dan Desa Gobang yang dibangun dua tahun lalu. Akibatnya, warga dari kedua desa tersebut kini kesulitan berakitivitas.

Salah satu warga, Sunaryo mengatakan jika ingin berkativitas ke desa sebelah, warga harus memutar melalui desa lain sejauh lima kilometer. “Muternya jauh sekitar lima kilometer,” katanya.

Selain masyarakat, siswa juga kesulitan menuju ke sekolah lantaran jembatan ini terputus. Salah satu siswa, Eni Rahayu mengatakan setelah jembatan ini terputus dia harus mengambil jalur memutar atau lewat jalan raya.

“Muternya jauh sekitar empat sampai lima kilometer sekitar 30 menit jalan,” katanya.

Rencananya, warga akan membuat jembatan darurat pengganti jembatan ini agar akses warga tidak putus total.


Editor : Umaya Khusniah