Distribusi Air Tak Merata, DPRD Jatim Minta Dinas SDA Perbaiki Sistem Irigasi Sawah 

Ihya Ulumuddin · Rabu, 23 Desember 2020 - 04:38:00 WIB
Distribusi Air Tak Merata, DPRD Jatim Minta Dinas SDA Perbaiki Sistem Irigasi Sawah 
Komisi D DPRD Jatim menggelar rapat evaluasi bersama UPT PSDA WS Bengawan Solo, Selasa (22/12/2020). (Foto: iNews.id/ihya' ulumuddin)

MAGETAN, iNews.id – DPRD Jawa Timur (Jatim) mendesak UPT Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Wilayah Sungai Bengawan Solo Dinas PU SDA Provinsi Jatim memperbaiki sistem irigasi sawah di sepanjang aliran Bengawan Solo. Sebab, banyak petani mengeluh kesulitan air, terutama di masa tanam ketiga (kemarau). 

Permintaan DPRD ini disampaikan Komisi D DPRD Jatim dalam rapat evaluasi sistem irigasi bersama UPT PSDA dan Dinas PU SDA Provinsi Jatim di Mageta, Selasa (22/12/2020). 

Distribusi air dari Bengawan Solo ternyata tidak merata. Ada beberapa daerah yang teraliri air dengan baik. Sementara yang lain tidak. Ini yang menimbulkan polemik. Dampak lainnya, hasil produksi menjadi berkurang,” kata anggota Komisi D DPRD Masduki. 

Masduki mengatakan, distribusi  menjadi tidak merata karena ada oknum petugas pengaturan pintu air yang mempermainkan sistem irigasi tersebut. Karena itu dia meminta pihak SDA Jatim turun tangan, menertibkan oknum tersebut. 

“Harusnya, UPT PSDA juga berembuk dengan petani sebelum mendistribusikan air, sehingga distribusi menjadi tepat dan tidak ada kecemburuan. Jangan sampai persoalan irigasi ini menimbulkan konflik sosial,” ujar politisi PKB ini. 

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta UPT PSDA memperbaiki beberapa pintu air agar sistem irigasi berjalan dengan baik. Sebab, di beberapa titik pintu air mulai rusak dan tidak berfungsi dengan baik. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2