Dinilai Ancam dan Lecehkan Presiden Jokowi, Pemilik Akun Beb Sadewa Dilaporkan ke Polisi

Bambang Sugiarto · Senin, 14 Oktober 2019 - 16:23:00 WIB
Dinilai Ancam dan Lecehkan Presiden Jokowi, Pemilik Akun Beb Sadewa Dilaporkan ke Polisi
Kuasa hukum Relawan Jokowi memberikan keterangan kepada wartawan usai melaporkan pemilik akun Beb Sadewa ke Mapolres Jember, Jatim, Senin (14/10/2019). (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Pemilik akun Facebook Beb Sadewa dilaporkan oleh tim Relawan Joko Widodo (Jokowi), ke polisi, Senin (14/10/2019). Warga Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), itu dinilai telah mengancam dan melecehkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat postingan-postingannya di media sosial.

Kuasa Hukum Tim Relawan Jokowi, Anasrul Anas, saat membuat laporan ke Polres Jember mengatakan, pemilik akun Bob Sadewa dilaporkan atas dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dalam status-statusnya, Bob menyebutkan kalimat-kalimat yang dinilai tidak pantas dan telah menyebarkan ujaran kebencian.

“Ancaman-ancamannya luar biasa dan diunggah di Facebook. Salah satu statusnya, ancaman pistol, mati di tempat, dan gagalkan pengangkatan Jokowi. Status-statusnya tidak hanya mengancam kepala negara, tapi juga kami sebagai relawan Jokowi,” kata Anasrul Anas.

Menurut Anasrul Anas, awalnya Relawan Jokowi mengetahui akun Beb Sadewa tersebut dari sebuah grup di Facebook. Setelah ditelusuri, ternyata benar pemilik akun banyak menuliskan status dan komentar yang isinya dinilai menyebarkan ujaran kebencian, provokasi, dan melecehkan.

Bahkan, postingan-postingan provokatif dan bernada ujaran kebencian itu sudah ada sejak tahun 2015 di akun Facebook Beb Sadewa. Terakhir, pemilik akun memperbaharui statusnya pada 12 Oktober 2019 yang isinya juga dinilai masih mengandung ujaran kebencian. Anasrul Anas meminta aparat kepolisian untuk segera memproses hukum pemilik akun.

“Kami berharap polisi segera menindaklanjuti kasus ini,” katanya.

Laporan itu telah diterima oleh petugas Satuan Reskrim Polres Jember. Polisi akan menindaklanjuti laporan relawan Jokowi dan segera melakukan penyelidikan.

Editor : Maria Christina