Dimakan Usia, 1 Ruang Kelas di Situbondo Tiba-Tiba Ambruk

Riski Amirul Ahmad ยท Senin, 27 April 2020 - 10:43 WIB
Dimakan Usia, 1 Ruang Kelas di Situbondo Tiba-Tiba Ambruk
Bangunan ruang kelas di Situbondo yang ambruk, diduga akibat usia. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

SITUBONDO, iNews.id – Sebuah ruang kelas salah satu sekolah milik Nahdlatul 'Ulama (NU) di Situbondo, Jawa Timur (Jatim) tiba-tiba ambruk, Sabtu (25/5/2020) petang. Beruntung saat kejadian, tidak ada aktifitas belajar mengajar di dalamnya lantaran para siswa sedang belajar di rumah akibat pandemi Covid-19.

Ruang kelas yang ambruk ini merupakan bagian dari TK Islam Al Hidayah Ma'rojul Ihtidah yang berada di Dusun Krajan, Desa Kalibagor, Kecamatan Situbondo, Situbondo. Diduga, ruang kelas ini ambruk lantaran termakan usia.

Kepala Sekolah TK Al Hidayah Ma'rojul Ihtidah, Febrin Devi mengatakan kayu penyangga bangunan kelas banyak yang telah lapuk sehingga mengakibatkan ambruknya bangunan. Bahkan tiga hari sebelum bulan puasa, jendela dan eternit diketahui telah roboh.

“Saya kurang tahu umur bangunan ini, tapi saat pertama kali mengajar di sini, sekarang murid tersebut sudah kelas dua SMP,” katanya, Minggu (26/4/2020).

Pascarungtuhnya bangunan, beberapa petugas Satpol PP menggelar giat bersih-bersih. Kayu penyangga, genting dan meja-kursi di ruang kelas kelompok B sebagian telah dievakuasi ke luar. Untuk mengantisipasi adanya roboh susulan, perabotan belajar satu ruang kelas yang berdampingan juga sudah diamankan terlebih dulu.


Editor : Umaya Khusniah