Diduga Rem Blong di Jalan Turunan Menikung, Truk Tronton Hantam 4 Rumah di Pasuruan

Jaka Samudra ยท Jumat, 18 September 2020 - 13:57 WIB
Diduga Rem Blong di Jalan Turunan Menikung, Truk Tronton Hantam 4 Rumah di Pasuruan
Kondisi truk yag mengalami rem blong dan menabrak 4 rumah di Pasuruan. (Foto: iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id - Sebuah truk tronton menabrak empat rumah warga di jalur wisata Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim). Diduga, kendaraan tersebut mengalami rem blong sehingga pengemudi tak bisa mengendalikan stir di jalan tikungan menurun.

Kecelakaan ini terjadi di jalur Wisata Gunung Bromo, tepatnya di Desa Baledono, Kecamatan Tosar, Kabupaten Pasuruan, Jumat (18/9/2020) pukul 00.30 WIB. Sebanyak tiga rumah rusak parah sementara satu lainnya rusak di bagian depan. Rumah yang mengalami rusak parah yakni milik Sukarlin, Agus dan Sulasmi.

Menurut salah satu warga yang juga menjadi korban Marjati, truk awalnya datang dari arah selatan atau atas. Hingga di lokasi, truk tiba-tiba lepas kendali dan menabrak rumah.

“Saat kejadian, awalnya ada banyak asap di dalam rumah sehingga dikira ada kebakaran. Saya bersama keluarga berusaha mencari jalan keluar,” katanya.

Sementara, pemilik rumah lain yang juga korban kejadian ini, Agus mengatakan, saat kejadian, dirinya tengah tertidur. Dia bahkan tidak tahu jika rumahnya ditabrak truk.

“Saya tidak tahu awalnya bagaimana, tapi ada yang bilang kalau truk itu rem blong,” katanya.

Usai menabrak, truk terguling di depan salah satu rumah yang rusak. Petugas kepolisian masih menunggu mobil derek untuk mengevakuasi bangkai truk.

Dari informasi yang dihimpun, truk ini dikemudikan oleh Naim Chusaini (45) warga Surabaya. Awalnya truk bernopol B 9211 UIN ini bermaksud melaju dari arah Gunung Bromo menuju Pasrepan.

Tiba di lokasi yang berupa jalan tikungan menurun, rem truk tiba- tiba mengalami masalah. Truk lantas oleng ke kiri dan menghantam beberapa rumah.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Kini, kecelakaan ditangani Satlantas Polres Pasuruan.


Editor : Umaya Khusniah