Diduga Bayi Sewaan, Satpol PP Probolinggo Amankan Pengemis

Hana Purwadi ยท Senin, 26 Maret 2018 - 14:40:00 WIB
Diduga Bayi Sewaan, Satpol PP Probolinggo Amankan Pengemis
Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja Kota Probolinggo mengamankan seorang pengemis yang diduga menggunakan bayi sewaan saat meminta-minta. (Foto: iNews.id/Hana)

PROBOLINGGO, iNews.id - Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja Kota Probolinggo mengamankan seorang pengemis yang diduga menggunakan bayi sewaan saat meminta-minta. Pengemis tersebut bernama Eni (30) yang kerap menggendong bayi empat bulan bernama Yunus.

Satpol PP Kota Probolinggo sebelumnya mendapat laporan dari masyarakat terkait bayi mungil yang kerap dibawa Eni mengemis. Tujuannya agar publik iba sehingga mendapatkan penghasilan yang besar.

Berdasarkan laporan masyarakat, pengemis tersebut sengaja membawa bayi yang baru berusia empat bulan. Satpol PP kota Probolinggo segera menyisir ke tempat biasa Eni mengemis dan menemukannya bersama bayi mungil yang dimaksud.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat yang bersangkutan membawa anak kecil di bawah (umur) satu tahun. Dikhawatirkan masuk dalam kategori eksploitasi anak. Sang bayi juga rentan terkena penyakit karena bersinggungan dengan debu dan asap kendaraan," kata Kusuma, Senin (26/3/2018).

Kasi Ops Pol PP Kota Probolinggo Kusuma mengatakan, Eni tinggal di Jalan Marepati, gang dua, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Menurutnya, Eni mengaku bayi yang dibawanya mengemis sehari-hari adalah anak kandungnya.

"Kepepet urusan ekonomi sehingga harus mengemis. Setelah dilakukan pendalaman, bayi tersebut adalah bayinya sendiri, bukan sewaan dari orang lain," ujarnya.

Lantas Eni diduga telah melakukan eksploitasi terhadap anak untuk kepentingan mengemis. Kondisi Yunus memprihatinkan saat Eni diamankan petugas. Yunus tampak lemas karena kepanasan berkeliling bersama meminta-minta. Melihat kondisi demikian, Kusuma berinisiatif memeriksakan kondisi sang bayi ke sebuah klinik.

Petugas akhirnya membawa pengemis dan bayinya pulang ke rumah. Eni mendapat peringatan keras jika mengulangi kembali hal yang sama. "Alhamdulillah saat diperiksa bayinya sehat dan hanya pilek ringan.  Pelaku dipulangkan ke keluarganya untuk dibina dan tidak mengulangi hal yang sama," ucapnya.

Editor : Achmad Syukron Fadillah