Dicat Beraneka Warna, Permakaman di Sidoarjo Ini Tak Lagi Tampak Seram

Yoyok Agusta · Jumat, 18 September 2020 - 15:36:00 WIB
Dicat Beraneka Warna, Permakaman di Sidoarjo Ini Tak Lagi Tampak Seram
Permakaman di Sidoarjo ini tak lagi seram setelah warga mengecatnya warna warni. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.id - Permakanan desa di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) ini tak lagi nampak angker dan seram. Pasalnya, permakaman ini kini tampak lebih cerah setelah dicat warna-warni.

Makam warna-warni ini terletak di Desa Balong Dowo, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Selain batu nisan, pohon kamboja juga tak luput dari pengecatan.

Tak hanya itu, ada 40 lampu yang dipasang di area permakaman. Bahkan di pintu masuk permakaman dibangun sebuah pagar mirip benteng Kerajaan Majapahit.

Kini jumlah peziarah yang mendatangi permakaman seluas 800 meter persegi ini meningkat. Jumlah pengunjung bahkan mencapi 700 orang di hari Kamis malam.

Peziarah mengaku lebih nyaman karena tak lagi merasa takut. Mereka tak hanya berziarah, namun juga berswafoto di area permakaman.

"Sekarang ziarah kubur lebih nyaman karena banyak warna di permakaman," katanya.

Juru Kunci Makam Balong Dowo, Kosim memgatakan, pembangunan area makam ini sendiri dilakukan sejak satu tahun lalu. Namun pengecatan baru dilakukan pada bulan Mei lalu.

"Biaya untuk mengecat dan membangun area makam didapat secara swadaya daei warga Desa Balond Dowo tanpa ada bantuan dari pihak desa," katanya.

Editor : Umaya Khusniah

Bagikan Artikel: