Densus Tangkap Terduga Teroris di Sampang dan Lamongan, Keduanya Anggota JAD

Abdul Wakhid, Antara ยท Sabtu, 24 Agustus 2019 - 08:20 WIB
Densus Tangkap Terduga Teroris di Sampang dan Lamongan, Keduanya Anggota JAD
Ilustrasi teroris. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap dua terduga teroris di Jawa Timur, masing-masing di Kabupaten Sampang, Madura, dan Kabupaten Lamongan, Jumat (23/8/2019). Keduanya merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra mengatakan, awalnya terduga teroris berinisial HS alias Hanafi alias Abu Zulfar ditangkap di Sampang, Madura. Densus kemudian menangkap terduga teroris lainnya berinisial BLH alias Abu Wafa ditangkap di Kabupaten Lamongan.

“Keterlibatan Hanafi dalam aksi terorisme saat mengikuti pelatihan militer di Sengkaling pada tahun 2015. Dia juga ikut pelatihan militer menggunakan senapan M16 di Waduk Selorejo, Malang,” kata Kombes Asep di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Sementara Abu Wafa diketahui merupakan pemimpin JAD Lamongan. Dia pernah menghadiri pertemuan di Kabupaten Sidoarjo sebelum terjadi peristiwa Bom Surabaya. Dia juga ikut pelatihan militer di Lamongan pada 2016 bersama teroris Zaenal Anshori dan pernah mengikuti idad di Gunung Panderman, Batu.

“Selain itu Hanafi maupun Abu Wafa diduga terlibat secara tidak langsung dalam peristiwa Bom Thamrin,” kata Kombes Asep.

Sebelumnya di hari yang sama, Densus 88 Antiteror Mabes Polri juga menangkap tiga orang terduga teroris di Kabupaten Blitar. Ketiganya sempat diperiksa di Polres Blitar sebelum kemudian dibawa ke Polda Jatim.

Ketiga terduga teroris diidentifikasi sebagai Subagio, warga Jalan KH Samanhudi, Desa/Kelurahan Beru, Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Dia ditangkap pada pukul 18.20 WIB.

Kemudian, Kurniawan Joko Wicaksono, warga Jalan Ir Soekarno, Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Dia ditangkap pada pukul 15.52 WIB di depan rumahnya.

Sementara pada pada Kamis (23/8/2019) malam, Densus 88 Antiteror juga mengamankan satu keluarga di Kabupaten Lamongan, tepatnya di Gang Lima Kelurahan Brondong, Kecamatan Brondong. Terduga Benny, istri dan dua anaknya dibawa Densus 88 ke Mapolda Jatim.


Editor : Maria Christina