Datangi Kerumunan di Taman Apsari, Risma Paksa Puluhan Pemuda Rapid Test

Ihya Ulumuddin · Minggu, 20 September 2020 - 10:55 WIB
Datangi Kerumunan di Taman Apsari, Risma Paksa Puluhan Pemuda Rapid Test
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (depan) mendatangi kerumunan massa di Taman Apsari, Sabtu (19/9/2020) malam. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jawa Timur (Jatim) menggelar rapid test mendadak terhadap puluhan warga yang nongkrong di kawasan Taman Apsari, Sabtu (19/9/2020) malam. Tes cepat ini dipimpin langsung Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Begitu tiba di lokasi, Risma langsung memarkir mobilnya melintang. Dia juga memerintahkan beberapa anak buahnya menutup akses. Harapannya, tidak ada warga yang lari atau pergi sebelum rapid test.

“Ayo Satpol dan Linmas ditutup. Jangan boleh ada yang keluar. Ayo rapid dulu,” kata Risma.

Warga yang didominasi remaja ini pun kaget. Beberapa warga mencoba kabur, tetapi gagal. Mereka tidak bisa lari karena semua akses sudah ditutup sehingga terpaksa mengikuti arah Risma untuk rapid test terlebih dahulu.

Tak lama berselang, petugas medis dengan baju hazmat tiba di lokasi. Mereka lantas memeriksa semua pengunjung Taman Apsari satu per satu.

Risma mengatakan, rapid test tadi malam sebenarnya bukan di Taman Apsari. Namun, karena di taman tersebut banyak anak muda yang nongkrong dan bergerombol, akhirnya rapid test mendadak digelar di tempat tersebut.

“Begitu ada yang reaktif langsung dites swab dengan mobil PCR. Kami sudah menyiapkan di sisi selatan taman. Bila ternyata positif, langsung kami bawa untuk isolasi,” katanya.

Risma memastikan, operasi mendadak akan terus dilakukan di Kota Surabaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Informasi yang dihimpun, hingga pukul 23.00 WIB, rapid test itu masih berlangsung. Hasil sementara delapan orang reaktif dan langsung dilakukan tes swab.


Editor : Ihya Ulumuddin