Dana Infak Masjid di Probolinggo 4 Kali Disikat Maling, Pencuri Diduga Orang yang Sama

Hana Purwadi ยท Rabu, 29 Januari 2020 - 11:27 WIB
Dana Infak Masjid di Probolinggo 4 Kali Disikat Maling, Pencuri Diduga Orang yang Sama
Rekaman kamera CCTV yang menunjukkan adanya maling kotak amal di sebuah masjid di Probolinggo, Jatim. (Foto: iNews/ Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id – Aksi pencurian uang dalam kotak amal kembali terjadi di sebuah masjid Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) dan tekeram kamera CCTV. Jika dilihat dari modus operandi, diduga pelaku sama dengan pencurian sebelumnya.

Kotak amal di Masjid Al Hidayah di Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo kembali dicuri, Selasa (28/1/2020) malam. Dari catatan pengelola masjid, pencurian kotak amal ini sudah empat kali terjadi selama 2019-2020.

Pelaku sengaja mencongkel jendela untuk bisa masuk ke dalam masjid dan mengambil dana yang sedianya akan digunakan untuk renovasi masjid. Uang yang diambil berada dalam dua kotak amal dan belum diketahui jumlahnya.

BACA JUGA: Usai Maling Kotak Amal, Pria Ini Berteduh di Pos Ronda Bersama Warga

Menurut takmir Masjd Al Hidayah, Neman Wijaya, saat petugas membuka pintu menjelang Subuh, kotak amal sudah tidak di tempat yang seharusnya dan dalam kondisi rusak. “Belum tahu apakah akan lapor polisi atau tidak,” katanya, Rabu (29/1/2020) pagi.

Kini pengelola masjid akan lebih berhati-hati lagi. Diduga, pencuri tahu seluk beluk masjid dan tahu kapan situasi sepi dan ramai dari orang yang beribadah.


Editor : Umaya Khusniah