Dampak Korona, Tempat Wisata di Tuban Sepi Pengunjung

Pipiet Wibawanto ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 12:58 WIB
Dampak Korona, Tempat Wisata di Tuban Sepi Pengunjung
Warung di Pantai Kelapa, Tuban, Jatim memilih tutup karena tidak ada pengunjung akibat virus korona. (Foto: iNews/Pipiet Wibawanto)

TUBAN, iNews.id - Sejumlah tempat wisata di Tuban, Jawa Timur (Jatim) sepi pengunjung akibat penyebaran virus korona. Sejumlah warung memilih tutup dan perekonomian lesu.

Salah satu obyek wisata yang sepi pengunjung yakni Pantai Kelapa di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban. Sebagian pedagang yang tetap buka mengaku merugi akibat kondisi ini lantaran tidak mendapat pemasukan.

Seperti salah satu pedagang, Nana yang mengatakan sejak ada masalah virus korona, jumlah pengunjung menurun drastis. Baik di hari biasa maupun hari libur.

"Pengunjung biasanya mencapai ratusan bahkan ribuan orang, kini hanya berkisar 10-20 orang setiap harinya. Hari ini mulai sepi, kemarin masih ramai," katanya, Rabu (18/3/2020).

Sepinya pengunjung juga dibenarkan pengelola pantai. Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa, Muhasan mengatakan, penurunan jumlah pengunjung ini mulai terjadi sejak muncul virus korona.

"Setiap hari hanya sekitar 10-20 pengunjung, perdagangan juga sepi karena tidak ada pengunjung," katanya.

Meski demikian, pengelola pantai juga berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran virus korona. Salah satunya dengan memasang poster yang berisi informasi terkait virus korona.

Selain itu, mereka juga menyediakan tempat cuci tangan agar pengunjung tetap bersih. Untuk mengisi kekosongam, petugas tampak memperbaiki sarana prasana serta menambah spot foto.

Dia berharap kondisi ini segera berakhir dan pariwisata kembali bergairah.


Editor : Umaya Khusniah