Dampak Corona, Santri Pondok Pesantren Tebuireng Dipulangkan

Mukhtar Bagus ยท Rabu, 25 Maret 2020 - 13:56 WIB
Dampak Corona, Santri Pondok Pesantren Tebuireng Dipulangkan
Suasana penjemputan santri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus

JOMBANG, iNews.id - Ribuan santri Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur (Jatim) yang berasal dari daerah aman corona dipulangkan Rabu (25/3/2020). Sementara santri yang berasal dari daerah zona merah corona dilarang pulang kecuali dijemput keluarga. 

Sejak Rabu pagi, wali santri sudah mulai melakukan penjemputan di gerbang pesantren. Mereka merupakan keluarga santri yang berasal dari sejumlah daerah di Jatim.

Untuk santri yang berasal dari luar Jatim,  yakni Jawa Tengah dan Jawa Barat, akan dipulangkan  oleh pihak pesantren secara berombongan dengan menyewa bus khusus ke berbagai kota. Jadwal kepulangan mereka pada hari Jumat dan Sabtu esok.

Pengurus Pesantren Tebuireng, Afif Abdurohim mengatakan, pemulangan santri secara massal ini sengaja dilakukan karena penanganan wabah corona oleh pemerintah hingga kini masih belum membuahkan hasil. Selama wabah corona masih berlangsung, santri di pesantren tak bisa menjalankan kegiatan belajar secara maksimal.

Kegiatan mengaji dan sekolah terpaksa diliburkan. Karenanya, pengelola pesantren akhirnya memutuskan memulangkan para santri hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Biar tidak terjadi penumpukan massa, hari ini jadwal pemulangan santri untuk wilayah yang terdekat dari Jombang dan Mojokerto," katanya.


Editor : Umaya Khusniah