Dampak Corona, Perempuan di Mojokerto Sulap Warung Kopi Miliknya Jadi Tempat Pembuatan Masker

Sholahudin ยท Rabu, 15 April 2020 - 11:31:00 WIB
Dampak Corona, Perempuan di Mojokerto Sulap Warung Kopi Miliknya Jadi Tempat Pembuatan Masker
Warung kopi di Mojokerto kini diubah pemiliknya jadi tempat pembuatan masker. (Foto: iNews/Sholahudin)

MOJOKERTO, iNews.id – Seorang pemilik warung kopi di Mojokerto, Jawa Timur (Jatim) banting stir menjadi penjahit masker. Langkah ini dilakukan lantaran usaha warung kopi miliknya sepi pembeli sejak ada virus corona dan pemberlakuan social dan physical distancing.

Khoirina Melanie (22) kini mengubah warung kopi miliknya yang berada di Suromulang Timur, Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto menjadi tempat menjahit masker. Di tempat ini, dia dan para karyawannya memproduksi berbagai jenis masker.

“Awalnya saya iseng tawarkan masker pada teman-teman di whatsapp, tapi lama-lama mereka banyak yang pesan,” katanya, Selasa (14/4/2020).

Warga kelurahan yang sama ini kini justru malah dapat mempekerjakan belasan karyawan untuk memproduksi masker. Dalam sehari, dia dan karyawannya mampu memproduksi hingga 1.000 buah masker.

Untuk pemasaran, Melanie mengaku memanfaatkan aplikasi online kepada teman dan keluarga dekat. Dia biasa menerima pesanan bijian hingga lusinan. Namun lama-kelaman, pesanannya semakin meningkat hingga ratusan lusin.

Akibat kenekatannya ini, Khoirina bahkan mampu meraup untung hingga puluhan juta rupiah. Pesanan yang diterimanya pun tak hanya datang dari Mojokerto namun juga luar daerah hingga luar pulau, seperti Kalimantan.

Bagi Khiorina, usaha ini tidak terbilang baru. Sebelum membuka warung kopi yang biasa dijakdikan tempat nongkrong anak muda, dia sudah pernah memiliki usaha konveksi baju.

“Sebelumnya saya ada sudah ada usaha konveksi baju seragam sekolah dan drum band,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah