Civitas Akademika SMPN 5 Sidoarjo Salat Gaib Doakan 3 Siswa yang Tewas Tenggelam di Sungai Pucang

Yoyok Agusta ยท Jumat, 14 Februari 2020 - 14:31 WIB
Civitas Akademika SMPN 5 Sidoarjo Salat Gaib Doakan 3 Siswa yang Tewas Tenggelam di Sungai Pucang
Siswa dan guru SMP N 5 Sidoarjo menggelar Salat Gaib dan Istighosah untuk tiga lamarhun yang tewas tenggelam di Sungai Pucang. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.id – Pencarian tiga siswa tenggelam di Sungai Pucang, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) dinyatakan dihentikan setelah korban terakhir ditemukan. Seluruh siswa dan para guru menggelar doa bersama dan Salat Gaib dan Salat Istighosah di Musala Al Mustofa SMPN 5 Sidoarjo. 

Ketiga korban merupakan siswa kelas VII sekolah tersebut. Mereka yakni Nur Hasan, asal Desa Pagerwojo Buduran, Ruli Kurniawan dan Ahmad Dafaldi, asal Jalan Kartini Sidoarjo.

Kepala Sekolah SMPN 5 Sidoarjo, Siti Latifah mengatakan sekolah masih berduka mendalam atas kepergian tiga siswa yang tenggelam di Sungai Pucang beberapa hari lalu.

”Kegiatan ini untuk mendoakan ketiga almarhum,” katanya, Kamis (13/2/2020).

Setelah kegiatan ini, Siti mengatakan para siswa diberi pengarahan agar tidak bermain di area bahaya, salah satunya sungai. “Saat ini sedang musim hujan, arus sungai sangat deras. Jika tidak bisa berenang, jangan coba-coba berenang di sungai,” katanya.

Tak hanya itu, di sekolah tersebut juga ada kegiatan yang khusus dilakukan pada hari Jumat yakni bersedekah untuk meringankan beban siswa-siswi yang membutuhkan. Kali ini, uang sedekah di khususkan untuk tiga keluarga almarhum.

Pascaditemukan semua korban, proses belajar mengajar sudah kembali normal. Seluruh siswa diharapkan bisa mendoakan tiga almarhum.

Sebelumnya, tiga pelajar kelas VII, SMPN 5 Sidoarjo, hilang terseret arus Sungai Pucang, Kelurahan Pucang Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Rabu (12/2/2020) sore. Saat itu, mereka bermain di pinggir sungai.

Dua di antara mereka menceburkan diri ke sungai untuk berenang. Tiba-tiba, keduanya berteriak meminta tolong karena terseret derasnya air sungai.

Salah satu rekan mereka berusaha menolong, malah ikut terseret dan hilang. Korban atas nama M Nur Hasan ditemukan pada Rabu (12/2/2020) malam, korban Rully Kurniawan ditemukan pada Kamis (13/2/2020) siang dan Ahmad Dafaldi ditemukan sore hari. 


Editor : Umaya Khusniah