Ciptakan Inovasi 'Jogo Malang' Polresta Malang Raih Penghargaan dari Kemenpan RB

Deni Irwansyah · Senin, 21 Desember 2020 - 20:12:00 WIB
Ciptakan Inovasi 'Jogo Malang' Polresta Malang Raih Penghargaan dari Kemenpan RB
Kapolresta Malang Kombes Pol Leonardus Simarmata (tengah depan) dan para pejabat utama seusai menerima penghargaan, Senin (21/12/2020). (Foto: iNews.id/Deni Irwansyah)

MALANG, iNews.id - Polresta Malang meraih predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Predikat ini diraih atas inovasi berbasis teknologi 'Jogo Malang'. 

Penghargaan berupa Predikat ZI WBBM Polresta Malang Kota, diserahkan secara simbolis oleh Wapres Ma'ruf Amin dan Menpan RB Tjahjo Kumolo kepada Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata melalui acara virtual, Senin (21/12/2020).

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata berterima kasih atas prestasi ini. Leo menyebut Predikat ZI WBBM tersebut tidak serta merta turun dan diterima begitu saja. Sebab, pihaknya telah menyiapkan semua inovasi tersebut sejak akhir tahun 2019 lalu.

"Beragam terobosan serta inovasi baik berbasis IT dan non IT itu kami buat untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," katanya kepada iNews.id. 

Dua Inovasi Pelayanan dilakukan Polresta Malang Kota. Pertama, inovasi pelayanan publik di bagian SPTK,SKCK dan Satpas SIM, Satpas Tahti dan satuan reserse baik kriminal maupun narkoba. Kedua, aplikasi Jogo Malang yang terintegrasi dengan semua layanan publik. Kedua inovasi itu mempermudah dan mempercepat pelayanan petugas kepolisian yang ada di lapangan kepada masyarakat.

Leo mengatakan penghargaan tersebut melecut Polresta Malang Kota untuk kerja lebih keras, meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat dan mencegah dan tidak melakukan perbuatan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

"Mempertahankan Predikat ZI WBBM tentunya lebih susah, dibanding mendapatkannya", ujarnya. 

Editor : Ihya Ulumuddin