Cegah Penyebaran Corona, Polres Malang Giat Merazia Kerumunan Warga

Saif Hajarani ยท Selasa, 05 Mei 2020 - 10:47 WIB
Cegah Penyebaran Corona, Polres Malang Giat Merazia Kerumunan Warga
Razia personel Polres Malang terhadap kerumunan warga di warung kopi dan kafe. (Foto: iNews/Saif Hajarani)

MALANG, iNews.id - Personel Polres Malang, Jawa Timur (Jatim) menggiatkan razia kerumunan warga yang masih kedapatan nongkrong di kafe dan warung kopi. Dalam razia kali ini, juga dilakukan rapid test secara acak pada sejumlah warga yang terjaring.

Setidaknya 75 warga terjaring razia dari sejumlah wilayah di Kabupaten Malang seperti Kepanjen, Gondanglegi dan Pagelaran, Senin (4/5/2020) malam. Mereka dibawa ke Mako Polres Malang untuk menjalani pendataan dan rapid test secara acak sebanyak 25 orang.

Kapolres Malang, AKBP Hendri Umar mengatakan, selain didata dan menjalani rapid test, warga yang terjaring juga diberi ultimatum. Bila di lain waktu kembali terjaring razia, maka warga akan mendapat sanksi pidana sesuai dengan Pasal 216 KUHP dan Undang-Undang Nomor 4 tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Berbahaya.

“Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Malang menduduki peringkat enam di Jatim. Makanya ini salah satu bentuk antisipasi penyebaran Covid-19,” katanya.

Hendri mengakui masih banyak masyarakat termasuk pemilik warung kopi dan kafe yang tidak mematuhi imbauan pemerintah untuk berdiam diri di rumah. Warga masih keluar rumah untuk kegiatan yang tidak urgen.

“Mereka masih berkativitas di tas jam 21.00 WIB, padahal sebelumnya sudah kami imbau untuk segera pulang saat jam malam sudah diberlakukan,” katanya.

Dari 25 warga yang menjalani rapid test, semua menunjukkan negatif atau non reaktif. Semua warga yang terjaring ini juga diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya.


Editor : Umaya Khusniah