Cegah Begal, Pemkot Surabaya Akan Pasang Ribuan CCTV di Permukiman Warga

Aan Haryono ยท Sabtu, 12 November 2022 - 10:03:00 WIB
Cegah Begal, Pemkot Surabaya Akan Pasang Ribuan CCTV di Permukiman Warga
Pemkot Surabaya berencana memasang 1.944 CCTV di 486 RW untuk mencegah kejahatan termasuk begal. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal memasang ribuan CCTV di permukiman warga pada 2023. Sebanyak 1.944 CCTV akan disebar ke 486 RW di Surabaya untuk mendukung keamanan wilayah, termasuk para begal.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan membangun sebuah kota itu harus melibatkan seluruh kekuatan masyarakat. Seperti halnya ketika dahulu para pejuang bersama-sama merebut kemerdekaan.

"Kemerdekaan itu sekarang dari keamanan pencurian, kemerdekaan dari kemiskinan, kemerdekaan dari kebodohan, dari pengangguran. Ini berarti apa, masyarakatnya harus aktif," kata Eri, Jumat (11/11/2022).

Maka dari itu, kata dia, Pemkot Surabaya ingin melibatkan masyarakat dalam memastikan keamanan wilayah. Demi mendukung upaya tersebut, pemkot berencana memasang CCTV di wilayah perkampungan.

"Kalau di setiap RW mau pasang CCTV, ya ayo. Tapi setelah itu dipikirkan bagaimana dia bayar per bulannya. Jangan dibebankan pemerintah lagi," ujarnya.

Sehingga dibutuhkan kegotong-royongan masyarakat untuk menopang beban biaya tersebut. Dengan begitu, kata dia, pemerintah membantu menyiapkan perangkat, sementara biaya per bulan seperti listrik atau Wi-Fi dibebankan dari swadaya masyarakat.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: