Bukan Ibadah, Pemuda di Bojonegoro Pergi ke Masjid untuk Curi Uang dari Kotak Amal

Dedi Mahdi ยท Senin, 03 Februari 2020 - 11:53 WIB
Bukan Ibadah, Pemuda di Bojonegoro Pergi ke Masjid untuk Curi Uang dari Kotak Amal
Tersangka (tengah) sedang ditanya oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan saat ekspos kasus di Mapolres Bojonegoro. (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.id – Pemuda di Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi karena mencuri kotak amal yang ada dalam masjid. Penangkapan tersangka berdasar atas rekaman kamera CCTV yang dipasang di sudut masjid.

Zainul Ikhwan (26) diamankan polisi karena melakukan aksi pencurian dalam Masjid Al Falah Kecamatan Balen, Bojonegoro. Modusnya, tersangka pura-pura salat dalam masjd. Saat situasi sepi, dia mencongkel kotak amal dan menguras isinya.

Dalam rekaman video berdurasi 33 detik tersebut, warga Desa Pandan Wangi, Kecamatan Soko, Tuban ini mencuri pada 17 Januari 2020 sekitar pukul 23.00 WIB. Pelaku mengaku membawa kabur kotak amal terlebih dulu agar tidak terlihat warga yang melintas sebelum mencongkelnya dengan besi sepanjang 25 sentimeter.

Kapolres Bojonegoro, AKBP M Budi Hendrawan mengatakan, dari jhasil pemeriksaan, sebelum beraksi di Masjid Al Falah, pelaku juga berkasi di masjid lain di antaranya masjid di Desa Mulyoagung, Kecamatan Kota Bojonegoro.

“Modusnya, pelaku salat dulu sambil melihat situasi. Setelah aman, dia kembali lagi ke masjid dan beraksi,” katanya saat ekspos kasus di Mapolres Bojonegoro, Kamis (30/1/2020).

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHP junto pasal 65 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman penjara tujuh tahun.


Editor : Umaya Khusniah