Buaya Muara Tiba-Tiba Muncul di Sungai, Warga Sidoarjo Tangkap Beramai-Ramai

Yoyok Agusta ยท Selasa, 31 Desember 2019 - 10:43 WIB
Buaya Muara Tiba-Tiba Muncul di Sungai, Warga Sidoarjo Tangkap Beramai-Ramai
Penangkapan buaya muara oleh warga Sidoarjo, Jatim. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.id – Seekor buaya muara sepanjang dua meter muncul di sungai dan menghebohkan warga Desa Klurak, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) Senin (30/12/2019) pagi. Warga lantas beramai-ramai menangkapnya karena khawatir.

Proses penangakapan hewan melata ini berhasil diabadikan melalui video oleh warga sekitar. Saat menampakkan diri, buaya muara tersebut berdiam diri di antara tanaman enceng gondok.

Menurut salah satu warga, Muhammad Sholeh, beberapa hari sebelumnya, masyarakat beramai-ramai membersihkan sungai, namun buaya tersebut tidak terlihat. “Baru Senin pagi muncul dan jadi tontonan warga,” katanya Senin (30/12/2019).

Menurut Sholeh, baru kali ini ada buaya muara di sungai desa. Dari pengamatannya, buaya tersebut tidak menganggu, meskipun dia tidak yakin.

Sementara menurut salah satu perangkat desa, Fariz Yunanto mengatakan proses penangkapan ini mulai dari jam 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. Warga yang menangkap tidak hanya dari desa setempat namun juga dari luar.

“Tapi petugas BKSDA Sidoarjo bilang, tidak apa-apa jika buaya tersebut ditangkap tapi harus tetap diserahkan kepada petugas,” katanya.

Warga lantas beramai-ramai menangkap hewan reptil ini. Selanjutnya, hewan ini akan diserahkan kepada petugas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sidoarjo.

Hingga saat ini masih banyak warga yang mendatangi lokasi kemunculan buaya tersebut. Warga menduga masih ada buaya-buaya muara lain yang berada di sungai tersebut.


Editor : Umaya Khusniah