Borong Premium hingga Ratusan Liter, Warga Banyuwangi Ditangkap Polisi

Eris Utomo ยท Sabtu, 21 Maret 2020 - 17:19 WIB
Borong Premium hingga Ratusan Liter, Warga Banyuwangi Ditangkap Polisi
Mobil yang dimodifikasi agar dapat menampung ratusan liter BBM. (Foto: iNews/Eris Utomo)

BANYUWANGI, iNews.id – Seorang warga Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi karena ketahuan memborong premium di sebuah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Pelaku memodifikasi minibus miliknya sehingga mampu menampung ratusan liter premium.

Tukiran, warga Desa Sumber Rejo, Kecamatan Tegal Delimo, ini ditangkap petugas dari Unit Pidana Khusus Polresta Banyuwangi. Kursi tengah dan bagasi mobil APV miliknya dibongkar dan diganti dengan tangki BBM. Jika penuh, tangki tersebut mampu menampung hingga 400 liter premium.

Kepada polisi, pelaku mengaku memborong premium di lebih dari dua SPBU di Banyuwangi. Hal ini dilakukan untuk mengelabuhi dan menghindari kecurigaan petugas.

Premium-premium ini lantas dijual ke pedagang premium eceran sehingga dia mendapat untung besar.

Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin, mengatakan, mobil dengan nopol P 1604 WF ini dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu menampung ratusan liter premium. Pada kursi bagian depan, diganti dengan dua tangki modifikasi yang masing-masing bisa terisi 100 liter.

Sedangkan pada bagian bagasi belakang juga ditempatkan tangki bbm modifikasi yang bisa terisi lebih dari 100 liter bahan bakar.

“Semua tangki modifikasi ini saling terhubung dengan tangki standar mobil,” katanya saat eskpos kasus di Mapolres Banyuwangi, Sabtu (21/3/2020).

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal 53 huruf b dan d Undang – Undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah