Bongkar Musala Rumah Surono di Jember, Polisi Temukan Jasad Manusia Masih Utuh

Bambang Sugiarto, Ihya Ulumuddin ยท Senin, 04 November 2019 - 16:31:00 WIB
Bongkar Musala Rumah Surono di Jember, Polisi Temukan Jasad Manusia Masih Utuh
Polisi menyaksikan pekerja yang membongkar lantai di musala rumah Surono, Dusun Juroju, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jatim, Senin (4/11/2019). (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Tim Inafis Polda Jawa Timur (Jatim) dan Disaster Victim Identification (DVI) Mabes Polri memastikan menemukan jasad manusia utuh di bawah musala rumah Surono di Dusun Juroju Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember. Saat ditemukan, hanya beberapa bagian tubuh saja yang rusak.

“Benar, kami menemukan jasad di sini. Bukan tulang yang bercerai-berai, namun jasad yang masih utuh. Hanya ada beberapa bagian jasad yang sudah rusak,” kata Kapolres Jember AKBP Alvian Nurrizal, Senin (4/11/2019).

Keluarga meyakini jasad itu Surono, yang hilang sejak Mei lalu. Namun, polisi belum bisa memastikan apakah jasad tersebut Surono, korban yang diduga meninggal akibat dibunuh.

Saat ini proses identifikasi masih berlangsung. Polisi juga masih mengumpulkan bukti dan keterangan saksi untuk mengungkap kasus tersebut.

Selain jasad manusia, polisi juga menemukan sejenis kain sarung di lokasi tersebut. Kain itu yang ditemukan pertama kali, beberapa saat setelah dilakukan penggalian.

Alfian menjelaskan, pihaknya memutuskan membongkar tempat itu setelah mendapatkan laporan dari warga perihal hilangnya Surono. Apalagi, menurut keterangan anak korban, Bahar, jasad ayahnya Surono dipastikan dikubur dalam musala tersebut. Hal ini sesuai dengan pengakuan sang ibu kepadanya.

“Pemilik rumah menyebutnya musala tapi tempatnya kecil, hanya cukup untuk salat satu orang (sendiri),” katanya.

Tak hanya itu, pembongkaran makam tersebut juga dilakukan untuk mencari tahu penyebab kematian korban. Apakah korban sengaja dibunuh dan dimakamkan, atau memang meninggal secara wajar dan dimakamkan di musala tersebut.

“Semua masih akan diselidiki. Bukan wewenang kami untuk menjelaskan. Nanti biar tim Inafis Polda Jatim saja. Termasuk temuan apa saja yang didapat saat penggalian,” kata Kapolsek Ledokombo AKP Wardoyo Utomo.

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: