BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Jatim 2021 Capai 6,3 Persen

Lukman Hakim · Jumat, 01 Januari 2021 - 18:08:00 WIB
BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Jatim 2021 Capai 6,3 Persen
Pertumbuhan ekonomi di Jatim tahun 2021 diproyeksikan tumbuh 6,3 persen. (Foto: ist)

SURABAYA, iNews.idPertumbuhan ekonomi di Jatim di tahun 2021 diproyeksikan antara 5,3 persen hingga 6,3 persen.  Proyeksi pertumbuhan tersebut bisa tercapai jika didorong masuknya investasi. Baik investasi asing maupun investasi dalam negeri.

Kepala KPBI Jatim, Difi Ahmad Johansyah mengatakan, sinergi berbagai elemen dari pemerintah, pengusaha dan masyarakat menjadi kunci pemulihan ekonomi. Dari sisi pemerintah juga telah mewujudkan percepatan realisasi anggaran triwulan III 2020. Pada periode tersebut, belanja pemerintah Jatim sudah mencapai 65 persen. 

“Semoga di sisa triwulan IV ini daya beli masyarakat bisa terjaga dan sektor konstruksi terus berjalan,” katanya, Jumat (1/1/2021).

Dia menjelaskan, untuk dapat mengembalikan kinerja perekonomian Jatim, perlu dukungan sektor ekonomi dengan multiplier effect tinggi, nilai tambah yang tinggi, dan keterkaitan industri hulu dan hilir. Seperti industri kertas, makan minum, tembakau, farmasi, kayu, dan karet. 

“Sektor perikanan, dan pertanian harus tetap didorong untuk mendukung penguatan ekonomi Jatim,” ujar Difi.

Sektor yang menjadi unggulan Jatim, imbuhnya, harus terus dioptimalkan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi. Sektor potensial juga harus difasilitasi, untuk meningkatkan daya saing dan sekaligus memperkuat kontribusi terhadap perekonomian Jatim. “Pengoptimalan kredit untuk berbagai sektor utama Jatim salah kunci percepatan pemulihan ekonomi,” katanya.

Dia menandaskan, dibutuhkan dukungan pembiayaan yang lebih besar untuk sektor akomodasi dan makan minum, transportasi, konstruksi, listrik, gas, dan air. Sehingga, sektor-sektor tersebut kinerjanya bisa lebih maksimal. “Sinergi seluruh pihak terkait menjadi kunci utama dalam membangun optimisme pemulihan ekonomi Jatim,” katanya. 

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: