Berebut Bangku Paling Depan, Orang Tua di Sidoarjo Antar Anak ke Sekolah Usai Subuh

SIDOARJO, iNews.id - Orang tua siswa di Sidoarjo antusias mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah, Senin (17/7/2023). Beberapa di antara mereka bahkan berangkat pagi buta (selepas subuh) untuk berebut mendapatkan bangku paling depan.
Pemandangan ini terlihat di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sidoarjo dikawasan Cemandi Sedati-Sidoarjo. Sejak pintu gerbang sekolah dibuka sekitar jam 06.00 WIB, puluhan siswa dan orang tua langsung memenuhi jalan masuk dan halaman sekolah.
Mereka merupakan siswa baru yang diantar orang tuanya pada hari pertama dimulainya tahun ajaran baru. Meski sekolah baru dibuka sekitar pukul 06.00 WIB, tidak sedikit di antara mereka yang datang lebih awal.
Orang tua siswa baru ini tidak ingin anaknya duduk di bangku belakang, sehingga mereka datang lebih awal. Tidak heran, dalam waktu singkat, bangku urutan depan di tiga ruang kelas sekolah percontohan itu langsung penuh.
Akibatnya, siswa baru yang datang belakangan tidak bisa dapat bangku kelas urutan depan. Mereka terpaksa menempati bangku yang ada di bagian tengah dan belakang. "Tadi datang jam 5.30 WUB Mas. Biar bisa pilih bangku depan untuk anak saya," ujar salah satu orang tua siswa baru, Diana.
Untuk Tahun Ajaran Baru 2023 ini, siswa kelas 1 di MIN 2 Sidoarjo ini terisi sekitar 28 hingga 30 siswa per kelasnya. Total ada tiga ruang kelas untuk siswa baru di salah satu sekolah agama favorit di wilayah Sedati-Sidoarjo ini.
Di hari pertama sekolah ini, anak-anak diharuskan mengikuti upacara bendera. Setelah itu mengikuti program pengenalan sekolah dan guru pembimbing.
Diketahui, proses belajar mengajar baru efektif dilakukan tiga hari setelah siswa masuk pada hari pertama sekolah.
"Alhamdulillah, hari pertama masuk sekolah di MIN 2 Sidoarjo semuanya berjalan lancar. Semua siswa tampak gembira bisa kembali belajar di sekolah setelah menikmati masa libur sekolah sekitar 2 pekan," ujar Kepala Sekolah MIN 2 Sidoarjo, Ahmad Mujahidin.
Editor: Ihya Ulumuddin