Bencana Angin Kencang Kota Batu, Jumlah Pengungsi Capai 1.216 Jiwa

Ihya Ulumuddin ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 11:18 WIB
Bencana Angin Kencang Kota Batu, Jumlah Pengungsi Capai 1.216 Jiwa
Para pengungsi yang terdampak bencana angin kencang di Desa Sumberbrantas, Kota Batu, Jatim, terus bertambah, Senin (21/10/2019). (Foto: Istimewa)

BATU, iNews.id – Jumlah pengungsi akibat bencana angin kencang di Desa Sumberbrantas, Kota Batu, Jawa Timur (Jatim), terus bertambah. Berdasarkan data Polres Batu, hingga Senin (21/10/2019) pagi, total warga yang dievakuasi ke tempat pengungsian berjumlah 1.216 orang.

Kapolres Kota Batu AKBP Harviadi Agung Pratama mengatakan, seluruh pengungsi tersebut dievakuasi ke sejumlah pos pengungsian. Di antaranya Posko PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu sebanyak 351 jiwa; Rumas Dinas Wali Kota 122 jiwa, Balai Desa Punten 530 jiwa, Balai Desa Tulungrejo 40 jiwa, dan di SD Negeri 1 Punten sebanyak 173 jiwa.

“Warga ini terpaksa kami ungsikan karena kondisi masih belum aman. Angin masih bertiup kencang di sertai debu. Apalagi, beberapa pohon juga masih rawan roboh dan menimpa bangunan rumah warga,” kata Agung, Senin (21/10/2019).

Tak hanya itu, Polres Batu bersama dengan TNI dan BPBD Batu serta pemerintah daerah, juga menyiapkan pos layanan kesehatan. “Pos kesehatan, bantuan logistik dan dapur umum tengah kami siapkan,” katanya.

Untuk mengantisipasi pengungsi tambahan, Polres Batu juga menyiapkan beberapa pos pengungsian baru di antaranya Balai Desa Sidomulyo, Kantor Kelurahan Sisir, GOR Ganesa, Balai Desa Sumbergondo, serta Kantor Sekretariat PGRI.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemda setempat untuk posko ini,” katanya.

Sementara itu, untuk mengurai lalu lintas, pagi ini pihaknya bersama dengan BPBD, TNI dan warga juga melakukan pembersihan dengan memotong pohon roboh dan memperbaiki tiang listrik yang roboh. Selain itu juga memperbaiki atap rumah atau gudang warga yang rusak akibat terjangan angin.

Diketahui, angin kencang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Sabtu (19/10/2019) malam. Akibat kejadian ini, satu orang tewas. Tiupan angin juga memorakporandakan sejumlah rumah dan fasilitas umum.


Editor : Maria Christina