Bencana Angin Kencang di Batu, Jaringan Listrik dan Komunikasi Terputus

Ihya' Ulumuddin ยท Senin, 21 Oktober 2019 - 08:25 WIB
Bencana Angin Kencang di Batu, Jaringan Listrik dan Komunikasi Terputus
Pohon tumbang akibat angin kencang, menutup akses jalan. (Foto: iNews.id).

BATU, iNews.id - Bencana angin kencang yang melanda Desa Sumberbrantas, Kota Batu, Jawa Timur (Jatim), membuat jaringan listrik dan komunikasi terputus. Kondisi ini terjadi lantaran banyak pohon tumbang menimpa sejumlah fasilitas publik tersebut.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengatakan, angin kencang mulai melanda wilayah tersebut sejak Sabtu (19/10/2019) malam sekira pukul 23.30 WIB.

Kecepatan angin semakin kencang pada Minggu malam, bahkan nyaris membuat Desa Sumberbrantas lumpuh. Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya, dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum.

"Akibat angin kencang tersebut, hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi," kata Agus dalam keterangan pers yang diterima iNews.id, Senin (21/10/2019).

Saat ini, informasi dari BPBD Kota Batu, kecepatan angin sudah menurun pada Senin pagi. Upaya penanganan korban dan pemulihan pun akan dilakukan petugas gabungan di daerah.

Sejumlah titik pengungsian yang sudah disiapkan berada di empat titik. Antara lain, Posko PB BPBD Kota Batu, Rumas Dinas Walikota, Balai Desa Punten dan Balai desa Tulungrejo. Masyarakat terdampak kini dalam proses evakuasi ke posko-posko tersebut.

"Petugas juga sudah mendirikan dapur umum serta pos layanan kesehatan," ujat dia.

Sebelumnya, angin kencang menerjang Kota Batu, Jatim pada Minggu (20/10/2019) malam. Dalam kejadian tersebut, satu orang dilaporkan meninggal dunia dan sedikitnya 550 orang mengungsi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal