Begal Motor Sujud di depan Korban dan Cium Tangan Warga usai Reka Adegan di Lumajang Jatim

Cucuk Donartono · Kamis, 03 Oktober 2019 - 16:27:00 WIB
Begal Motor Sujud di depan Korban dan Cium Tangan Warga usai Reka Adegan di Lumajang Jatim
Proses reka adegan pemegalan sepeda motor di Lumajang Jatim, Kamis (3/10/2019). (Foto: iNews.id/Cucuk Donartono

LUMAJANG. iNews.id – Pelaku begal dan maling sapi di Lumajang Jawa Timur (Jatim) sujud di depan korban untuk minta maaf. Tak hanya itu, pelaku juga mencium tangan warga usai rekonstruksi kejadian, Kamis (3/10/2019).

Untuk kelengkapan berkas kasusnya, tersangka, Muhammad Al Mat Kenik (31) menjalani rekonstruksi kejadian pembegalan dipimpin langsung Kapolres Lumajang, AKBP M Arsal Sahban, di Desa Merakan, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang dengan korban bernama Suharti.

Usai menjalani reka adegan yang dipimpin, polisi menyuruh pelaku minta maaf dengan mencium tangan seluruh warga setempat yang ikut menonton. Ketika giliran kepada korban, salah seorang adik korban, meluapkan emosinya dengan memarahi tersangka.

Secara reflek, pelaku bersujud minta maaf di hadapan keluarga korban.

“Pelaku sudah tiga kali dipenjara dengan kasus penadahan, pencurian sapi dan motor, ini jadi yang ke empat kalinya,” kata Arsal.

Dalam reka adegan, pelaku memperagakan mulai dari merebut kunci motor, mengancam korban dengan clurit hingga membawa kabur motor. Selain terkenal sebagai pelaku begal sepeda motor, residivis ini juga maling sapi.

Dari 20 aksi curanmor, empat diantaranya dengan cara pembegalan yang dilakukan di kawasan Kecamatan Gucialit, Kecamatan Padang, Kecamatan Sukodono dan Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang. Sementara curnamor dilakukan di seluruh wilayah Lumajang menggunakan kunci T yang Mat buat sendiri.

Editor : Umaya Khusniah