Banjir Bandang di Jember sebabkan Jembatan Penghubung 4 Desa Ambles

Bambang Sugiarto ยท Minggu, 01 Maret 2020 - 12:27 WIB
Banjir Bandang di Jember sebabkan Jembatan Penghubung 4 Desa Ambles
Jembatan penghubung 4 desa di Jember, Jatim ambles akibat banjir bandang. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.idBanjir bandang menerjang Jember, Jawa Timur (Jatim) Sabtu (29/2/2020) malam. Akibatnya, jembatan penghubung empat desa ambles dan sebuah tembok pembatas sekolah jebol.

Banjir bandang ini terjadi di sekitar Kali Jompo di Jember. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang ini.

Tiga jam kemudian, banjir surut namun Jembatan Klungkung di Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, Jember amblas. Akibatnya akses ke Desa Karangpring, Klungkung, Jumerto dan Banjarsengon terputus.

Menurut salah satu warga, Mudofar Imam, banjir mengikis fondasi jembatan sehingga ambles. Beruntung tidak ada kendaraan atau warga yang lewat saat kejadian.

Agar akses ke desa sebelah tetap berjalan baik, warga akan bergotong-royong membuat jembatan darurat dari bambu.

“Tadi malam sepi, hujan agak lebat. Jadinya pagi ini warga bergotong royong buat jembatan biar besok anak-anak bisa sekolah lewat sini,” katanya, Minggu (1/3/2020).

Tak hanya jembatan, banjir bandang juga menyebabkan tembok dan tanah di bagian belakang MTSN 2 Jember jebol. Air sempat masuk ke bagian belakang sekolah.

Beruntung saat banjir, tak ada siswa karena aktifitas belajar mengajar karena libur. Banjir kali kedua ini terjadi di Sungai Jompo lantaran intensitas hujan yang sangat deras di kawasan Pegunungan Argopuro Jember.


Editor : Umaya Khusniah