Banjir Bandang dan Lumpur Tebal Kembali Landa Bondowoso

Riski Amirul Ahmad ยท Sabtu, 14 Maret 2020 - 17:29 WIB
Banjir Bandang dan Lumpur Tebal Kembali Landa Bondowoso
Banjir bandang yang kembali melanda Bondowoso, Jatim. (Foto: iNews/Riski Amirul Ahmad)

BONDOWOSO, iNews.idBanjir bandang melanda Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) Sabtu (14/3/2020) sore. Banjir disertai lumpur yang datang tiba-tiba ini memutus akses jalan desa setempat dan menyebabkan rumah-rumah mengalami kerusakan.

Banjir bandang ini terjadi di Desa Sempol, Kecamatan Ijen. Arus banjir diduga datang dari hulu yaitu di kawasan Hutan Desa Jampit. Dari lokasi hulu hingga hilir berjarak sekitar 15 kilometer.

Detik-detik datangnya banjir bandang ini sempat direkam warga dalam bentuk video. “Ya Allah lindungi kami,” kata salah satu warga saat banjir tersebut datang.

Selain memutus jalan desa, banjir bandang juga memutus akses jalan utama yang menghubungkan dataran Ijen menuju Bondowoso. Arus yang sangat deras dan lumpur tebal membuat warga khususnya yang berada di sisi aliran arus banjir khawatir.

Kejadian ini bukan pertama kali terjadi. Pada bulan Januari lalu, peristiwa banjir juga terjadi dengan intensitas yang sama. Polisi telah terjun ke lokasi untuk mengamankan wilayah dan juga memastikan tidak ada korban jiwa dari kejadian ini.

Selain itu warga juag dihimbau untuk menjauh dari lokasi aliran banjir karena dikhawatirkan dapat hanyut terseret arus.


Editor : Umaya Khusniah