Balik ke Pesantren, 378 Santri Lirboyo asal Mojokerto Jalani Protokol Kesehatan Ketat

Sholahudin ยท Sabtu, 04 Juli 2020 - 15:53 WIB
Balik ke Pesantren, 378 Santri Lirboyo asal Mojokerto Jalani Protokol Kesehatan Ketat
Para santri Lirboyo asal Mojokerto berkumpul di kantor PCNU Kabupaten Mojokerto sebelum berangkat, Sabtu (4/7/2020)

MOJOKERTO, iNews.id – Sebanyak 378 santri Pondok Pesantren (ponpes) Lirboyo dari Kabupaten dan Kota Mojokerto diberangkatkan ke Kediri, Sabtu (4/7/2020) siang. Mereka berangkat berombongan dari Kantor PCNU Kabupaten Mojokerto.

Protokol kesehatan diterapkan secara ketat kepada para santri. Selain mengenakan masker dan perlengkapan pribadi, mereka juga diharuskan membawa surat keterangan bebas Covid-19, dan bukti isolasi mandiri selama 14 hari.

Tak hanya itu, untuk memastikan kondisi mereka benar-benar sehat, para santri juga dicek suhu tubuh oleh petugas dan rewan NU Mojokerto.

Sementara itu, para orang tua santri melepas haru anak-anak mereka. Mereka berharap, anak-anak mereka tetap sehat selama di pesantren.

“Semua perlengkapan sudah kami siapkan, antara lain hand sanitizer, masker, vitamin, surat keterangan sehat dan sebagainya. Mudah-mudahan semua lancar dan anak-anak tetap sehat,” kata salah orang tua santri, Romli, Sabtu (4/7/2020).

Bupati Mojokerto Pungkasiadi ikut melepas para santri dengan bahagia. Dia juga berharap para santri tetap dalam kondisi sehat dan tidak perpapar Covid-19. “Karena itu, protokol kesehatan ini wajib dijalani sejak sebelum berangkat, agar di sana (pesantren) mereka benar-benar sehat dan terhindar dari virus Corona,” ujarnya.

Diketahui, hari ini merupakan gelombang kedua pemberangkatan santri ke Ponpes Lirboyo, Kediri. Sedangkan santri dari wilayah yang berdekatan dengan pesantren, seperti Tulungagung dan Nganjuk, sudah lebih dulu berangkat.


Editor : Ihya Ulumuddin