Bakal Calon Wali Kota Surabaya Positif Covid-19, Seluruh Staf KPU Tes Swab Massal

Ihya Ulumuddin ยท Sabtu, 12 September 2020 - 09:31 WIB
Bakal Calon Wali Kota Surabaya Positif Covid-19, Seluruh Staf KPU Tes Swab Massal
ilustrasi tes swab (istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya melakukan tes swab massal untuk untuk seluruh staf. Tes PCR tersebut dilakukan setelah bakal calon (balon) Wali Kota Surabaya Machfud Arifin terkonfirmasi positif Covid-19.

Tes swab tersebut difasilitasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dan berlangsung sejak Jumat (11/9/2020) hingga Sabtu (12/9/2020). Tes swab ini dilakukan secara bertahap, bertempat di Gelora Pancasila.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, M Fikser mengatakan pemeriksaan tes swab gratis ini diikuti oleh seluruh petugas KPU Surabaya. Sementara bagi komisioner KPU, sebelumnya mereka sudah melakukan tes swab secara mandiri.

“Seluruh petugas yang ada di Sekretariat KPU ada sekitar 46 orang. Dari 46 orang itu, separuhnya sudah dilakukan tes swab kemarin. Sedangka separuhnya lagi har ini,” katanya, Sabtu (12/9/2020).

Selain itu, sejak tanggal 8 September 2020, Pemkot Surabaya juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan di kantor KPU Surabaya secara berkala. Menurut Fikser, hal ini dilakukan dalam rangka penanganan pencegahan Covid-19 di ruang publik.

“Untuk penyemprotan yang nanti di dalam kantor KPU itu dilakukan secara mandiri oleh KPU sendiri. Jadi ini bagian dari bagaimana pemkot melakukan penanganan pencegahan di tempat-tempat ruang publik,” ujarnya.

Fikser mengatakan, hasil pemeriksaan tes swab kepada seluruh petugas KPU itu bisa diketahui 2-3 hari ke depan. Namun, sebelumnya data hasil tes swab tersebut harus dikirimkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kemudian provinsi.

“Dari hasil itu maka dapatlah data yang baru itu untuk dilakukan tracing. Kenapa? Karena bisa saja ada yang pernah dilakukan tes swab. Nah, yang belum pernah tes swab dan hasilnya positif akan dilakukan tracing,” katanya.

Diketahui, salah satu balon kepala daerah Kota Surabaya positif Covid-19. Hasil tersebut diketahui berdasarkan hasil tes swab saat pemeriksaan kesehatan balon kepala daerah di RSUD Dr Soetomo.


Editor : Ihya Ulumuddin