Badai Pasir Tahunan Landa Wisata Bromo, Pengunjung Diimbau Waspada

Hana Purwadi ยท Rabu, 05 September 2018 - 11:24 WIB
Badai Pasir Tahunan Landa Wisata Bromo, Pengunjung Diimbau Waspada
Wisatawan asing di lokasi wisata Gunung Bromo yang sedang dilanda badai pasir tahunan. (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.idGunung Bromo kembali dilanda badai pasir tahunan. Pengunjung di lokasi wisata itu diimbau untuk berhati-hati dan menggunakan alat pengaman seperti masker dan kacamata.

Pantauan iNews dari Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, area Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) diterjang badai pasir, Rabu (5/9/2018) pagi. Angin kencang membawa butiran pasir di Caldera ke segala penjuru.

Lautan abu pasir yang mengandung silika itu beterbangan diterpa badai. Hal ini yang harus diwaspadai, sebab kandungan silika ini berbahaya jika terhirup lama dan rentan menyebabkan inspeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dan sakit mata.

Camat Sukapura Yulisu mengatakan, pada dasarnya fenomena ini indah dan wisata di sini tetep aman. Badai pasir yang terjadi sifatnya tahunan dan disarankan bagi pengunjung menggunakan alat pengaman.

“Pengunjung Gunung Bromo kami imbau selalu berhati hati dengan fenomena tahunan ini. Saat ini musim kemarau sehingga angin kencang dan membawa pasir. Akan lebih baik jika beraktivitas menggunakan masker dan kacamata,” kata Yulius.

Sementara Badrut seorang pengunjung mengaku makin antusias meski kondisi cuaca berangin dan penuh pasir. Dia menuturkan hal itu sudah biasa, selama membawa perlengkapan yang memadai. “Saya sudah persiapkan membawa masker dan kacamata. Namun sejauh ini aman dan masih banyak pengunjung,” ujarnya.

Kendati sedang mengalami fenomena badai pasir, Gunung Bromo tetap aman dikunjungi. Hal ini sudah biasa terjadi setiap tahunan saat musim kemarau. Angin kencang itu sebenarnya bermanfaat untuk meratakan gundukan pasir di lokasi wisata tersebut. Usai badai, biasanya panorama lautan pasir di Bromo akan tempak lebih indah.


Editor : Donald Karouw