Awas! Hari Ini Tilang Elektronik Resmi Berlaku di Surabaya

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 16 Januari 2020 - 14:18 WIB
Awas! Hari Ini Tilang Elektronik Resmi Berlaku di Surabaya
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono saat memberikan keterangan terkait e-tilang di Surabaya. (Foto: iNews/Ihya' Ulumuddin

SURABAYA, iNews.idTilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) resmi berlaku di Kota Surabaya, Kamis (16/1/2020). Pagi tadi, ETLE ini resmi diluncurkan oleh Kakorlantas Polri, Irjen Pol Istiono di Polda Jatim.

Lewat ETLE ini, para pelanggar lalu lintas yang terekam kamera CCTV akan segera dilakukan penindakan hukum. Surat tilang akan dikirim langsung ke rumah, sesuai alamat pemilik kendaraan, lengkap dengan bukti pelanggaran.

“Kami sangat mengapresiasi inovasi. ETLE akhirnya bisa diterapkan di Jawa Timur, terutama Kota Surabaya,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Itiono di Polda Jatim, Kamis (16/1/2020).

Dia mengatakan, tilang elektronik di Kota Surabaya ini akan menjadi titik awal inovasi Polri. Dia berharap, program serupa bisa dilakukan di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

BACA JUGA: Surat Tilang Elektronik akan Diberlakukan di Surabaya, Polisi Lakukan Uji Coba Sepekan

“Dengan program ini tentu tidak akan ada lagi negoisasi antara pelanggar dan petugas di lapangan. Kami meminimalisir terjadinya komunikasi. Budaya tersebut harus dihilangkan,” katanya.

Menurut Istiono, dalam urusan penindakan, tilang eketronik lebih efektif dan efisien. Tak hanya itu, inovasi ini juga akan menumbuhkan kesadaran bagi pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas, meskipun tidak ada petugas di jalanan.


Editor : Umaya Khusniah