Apresiasi Tenaga Medis Covid-19, Warga Sidoarjo Semprot Kendaraan Pelayanan Kesehatan dengan Disinfektan

Yoyok Agusta ยท Kamis, 18 Juni 2020 - 11:50 WIB
Apresiasi Tenaga Medis Covid-19, Warga Sidoarjo Semprot Kendaraan Pelayanan Kesehatan dengan Disinfektan
Penyemprotan kendaraan medis dengan disinfektan sistem fogging. (Foto: iNews/Yoyok Agusta)

SIDOARJO, iNews.id - Sekelompok warga Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) dengan rela menyemprot disinfektan kepada seluruh kendaraan milik dokter dan mobil pelayanan kesehatan masyarakat. Mereka mengaku ikhlas melakukannya sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan para tim medis.

Mereka menyemprotkan disinfektan dengan mesin uap atau fogging tanpa ada paksaan. Menurut mereka, apa yang dilakukan dapat membunuh bakteri, jamur dan virus seperti yang ada di kendaraan tim medis serta sirkulasi udara dalam mobil.

Warga menyemprotkan disinfektan di halaman sebuah rumah sakit di Jalan Raden Patah Sidoarjo, Rabu (17/6/2020) pagi.

"Sasaran kami yakni mobil para tenaga medis, TNI dan Polri. Merekalah yang selama pandemi ini berjuang dan keliling. Kami ada fasilitas ini ya ini yang dapat kami sumbangsihkan," kata salah satu warga, Teguh Santoso.

Sementara itu, para dokter dan tim medis rumah sakit ini pun menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut mereka, kendaraan yang tidak steril dapat menjadi media penyebaran berbagai penyakit kepada pasien dan tim medis.

"Mobil pelayanan kesehatan dan tenaga medis memang perlu disinfeksi karena mobilitas juga tinggi. Ini beresiko untuk semua yang mengendarai mobil tersebut, " kata salah satu tim medis, dr Yenny Wulandari.

Rencana, penyemprotan disinfektan secara fogging ini akan dilakukan juga kepada petugas dari Polri dan TNI yang ada di Kabupaten Sidoarjo.


Editor : Umaya Khusniah