Aparat Polres Gresik Tangkap Penyidik Polda Jatim Gadungan, 2 Orang Jadi Korban

Ashadi Iksan ┬Ě Senin, 19 Oktober 2020 - 18:33:00 WIB
Aparat Polres Gresik Tangkap Penyidik Polda Jatim Gadungan, 2 Orang Jadi Korban
Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto saat mewawancarai pelaku di Mapolres Gresik, Senin (19/10/2020). (Foto/SINDOnews/Ashadi Iksan)

GRESIK, iNews.id - Seorang penyidik gadungan berhasil ditangkap aparat dari Polres Gresik, Jawa Timur (Jatim) Senin (19/10/2020). Pelaku telah melakukan aksi penipuan dengan korban berjumlah dua orang.

Vicky Andreanto alias H Mohammad ditangkap usai melakukan penipuan terhadap Khoirul Anam, warga Desa Kandangan, Kecamatan Cerme, Gresik dan juga Herdy Bramanta.

Modus yang digunakan pelaku terhadap korban Khoirul Anam yakni dengan mengaku sebagai Penyidik Tipikor Polda Jatim. Dia mengaku mendapat perintah dari Pemerintah Pusat untuk memberikan program bantuan di sekolah MI (Madrasah Ibtidaiyah) berupa dana hibah nasional.

Anggaran yang dikucurkan sebesar Rp350 juta. Jika korban bersedia menerima bantuan itu, maka pihak sekolah harus mengeluarkan uang sebesar Rp5,7 juta untuk mengurus pajak pencairan dana hibah.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan, tersangka juga memakai masker bertuliskan tipikor sambil menunjukkan borgol.

"Untuk meyakinkan korban, tersangka juga menunjukan koper berisi uang. Dalihnya, uang tersebut milik sekolah MI lain yang sudah membayar pajak pencairan dana hibah," katanya, Senin (19/10/2020).

Korban percaya dan memberikan uang sebesar Rp5,7 juta kepada tersangka. Setelah mendapat uang dari korban, tersangka menjanjikan segera mencairkan dana hibah Rp350 juta itu paling lambat pada 9 Oktober 2020.


Editor : Umaya Khusniah