Antisipasi Aksi Teror, Desa Ini Pasang Ratusan Kamera CCTV

Mukhtar Bagus ยท Jumat, 18 Mei 2018 - 22:03 WIB
Antisipasi Aksi Teror, Desa Ini Pasang Ratusan Kamera CCTV
Petugas memasang kamera CCTV di sejumlah titik di Desa Kepatihan, Jombang, Jatim. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

JOMBANG, iNews.id – Geram dan khawatir dengan maraknya aksi terorisme belakangan ini di Jawa Timur (Jatim), warga sebuah desa di Kabupaten Jombang, mengambil tindakan. Mereka memasang CCTV di lingkungan masing-masing. Kamera CCTV tersebut dibeli secara swadaya oleh warga.

Kamera CCTV kemudian dipasang oleh petugas di titik-titik khusus yang dianggap rawan seperti di pertigaan jalan, depan gereja, atau di jalan masuk menuju gang-gang kecil. Tak tanggung-tanggung, jumlah CCTV yang dipasang juga tidak sedikit, mencapai ratusan unit.

Kepala Desa Kepatihan Erwin Pribadi mengaku, awalnya dia mengalami kesulitan mengajak warga untuk membeli dan memasang kamera CCTV di desanya. Namun, setelah dia mencoba menjelaskan pentingnya alat itu dan belajar dari berbagai peristiwa teror dan kejahatan yang sering terjadi, warga akhirnya memahami. Warga antusias dan dengan kesadaran memberikan iuran untuk membeli dan memasang kamera CCTV di wilayah mereka.

“Pemasangan CCTV, khususnya di wilayah Desa Kepatihan ini, salah satu bentuk pencegahan dan penangkalan terkait dengan maraknya aksi terorisme di Jawa Timur belakangan ini,” kata Erwin Pribadi, Jumat (18/5/2018).



CCTV juga dipasang di rumah ibadah, termasuk gereja. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus)

Setelah warga membeli ratusan CCTV, mereka memasang di sejumlah titik. Seluruh kamera CCTV ini dihubungkan dengan server di kantor desa sehingga warga dapat memantau dari monitor maupun telepon seluler (ponsel).

Pemasangan kamera CCTV di banyak tempat ini membuat Desa Kepatihan Jombang dijuluki warga sebagai Desa Sadar CCTV. Warga berharap berbagai aksi terorisme maupun kejahatan menjelang Lebaran dapat diantisipasi. Kalaupun sudah terjadi, paling tidak pelaku diketahui karena terekam dengan jelas.

“Sebagai warga, saya sangat berterima kasih pada kepala Desa Kepatihan karena dengan adanya CCTV, desa kami akan jadi lebih aman dari gangguan teroris, pencurian, penjambretan, dan kejahatan lainnya,” kata warga Desa Kepatihan, Subakir.


Editor : Maria Christina