Anomali Cuaca, Warga Surabaya Diimbau Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 17 Desember 2019 - 15:20 WIB
Anomali Cuaca, Warga Surabaya Diimbau Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang
Ilustrasi. (Foto: Dok/iNew.sid)

SURABAYA, iNews.idPemkot Surabaya mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap hujan dan angin kencang. Imbauan ini disampaikan menyusul potensi hujan lebat dan angin kencang yang cukup tinggi sebagai dampak anomali cuaca.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, tahun ini anomali cuaca luar biasa. Salah satunya memengaruhi perubahan iklim di Indonesia, khususnya Kota Surabaya.

“Hasil koordinasi kami dengan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), belum bisa dipastikan Surabaya kapan hujan turun,” kata Eddy, Selasa (17/12/2019).

Meski begitu, Pemkot Surabaya mengimbau kepada masyarakat agar lebih mewaspadai datangnya angin kencang. Saat ini angin kencang sudah muncul di beberapa wilayah Jawa Timur, seperti Madiun, Bojonegoro dan Bangkalan.

“Kalau kita lihat di data cuaca, awan itu bergerak luar biasa dari selatan ke utara. Namun, saat ini Surabaya terlewati terus,” ujarnya,

Eddy juga berpesan kepada seluruh masyarakat Surabaya agar rutin melakukan pengecekan genangan air. Sebab, ketika terjadi genangan air, potensi datangnya penyakit cukup tinggi seperti gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyebabkan Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Tolong dicek semuanya, ketika musim hujan ada penampungan-penampungan itu jangan sampai ada genangan,” katanya.

BPB dan Linmas Surabaya juga telah rutin melakukan pengecekan peralatan, seperti perahu karet. Tak hanya itu, jajaran BPB Linmas, Satpol PP dan Pemadan Kebakaran (Damkar) Surabaya juga rutin menggelar latihan. “Karena itu kami juga rutin menggelar latihan untuk persiapan datangnya potensi bencana,” katanya.


Editor : Maria Christina